Minggu, 24 April 2016

Komikus Jangan Cuma Bikin Komik, Merchandise juga dong!


Kalau kita amati bersama, dua tiga tahun belakangan komik Indonesia lagi naik-naiknya. Berbagai buku komik terbit yang disusul maraknya majalah komik yang beredar di pasaran. Tidak hanya itu saja, web komik yang merupakan platform penyedia komik online juga begitu digilai dan menarik jutaan pembaca.  Penggemar-penggemar komik lokal bermunculan dan menjadi pasar yang menarik untuk dijejaki.  Walau belum mampu menyamai popularitas komik-komik luar, namun ini merupakan tanda yang baik untuk perkembangan industri komik kita.

Di luar negeri seperti jepang, industri komik memang sudah maju pesat. Tidak hanya mengeluarkan produk komik, karakter-karakter komik juga muncul dalam bermaca-macam produk seperti kaos, action figure, hingga berbagai peralatan rumah tangga dengan gambar karakter komik kesayangan. Di Indonesia,  masih banyak komikus  yang masih berpikir kalau mereka hanya perlu membuat komik saja. Padahal dengan popularitas komik yang dibuat, mereka juga harusnya sudah mulai memikirkan merchandise yang dapat diproduksi dari karya komiknya.

Tidak perlulah seperti komik-komik luar  yang merchandise-nya sudah bermacam-macam bentuknya, cukup merchandise yang simpel dan dapat digunakan sehari-hari  oleh pembelinya.
Memang sepertinya masih banyak yang berpikir kalau ongkos produksi merchandise cukup mahal, padahal sekarang sudah banyak vendor penyedia jasa cetak merchandise dengan ongkos yang lebih murah.

Berikut ini 4 jenis merchandise yang cocok diproduksi dari karya komik :

1. Pin
Pin merupakan merchandise yang dapat dicetak dengan biaya relatif murah. Dengan ongkos produksi yang murah komikus dapat menjual pin dengan harga yang murah pula hingga terjangkau oleh kalangan pelajar yang biasanya menggemari komik.

2. Stiker



Sama seperti Pin, stiker juga merupakan produk yang relatifmurah untuk diproduksi. Dalam beberapa event komik saya perhatikan stiker sangat diburu oleh para penggila komik.

Anda dapat membuat stiker dengan berbagai pose dari karakter komik anda, sehingga pembeli memiliki banyak pilihan.


3. Tote Bag


Adanya program diet kantong plastik membuat tote bag makin banyak digunakan. Tote bag dengan karakter komik yang lucu dan unik tentu tampak lebih menarik digunakan dibanding totebag dengan gambar-gambar atau tulisan yang monoton.

Di Indonesia masih belum banyak yang memproduksi totebag dengan gambar karakter komik lokal. Ini tentu menjadi ceruk pasar yang bisa digali.


4. Kaos

Walau ongkos produksi kaos relatif besar namun menjual kaos sebagai pemasuukan tambahan komikus juga perlu diperhitungkan. Apalagi bila karakter komiknya sudah cukup terkenal. Penggemar tidak akan banyak pertimbangan untuk membeli merchandise kaos bergambar komik yang lucu.

Walau ongkos produksi kaos relatif besar namun menjual kaos sebagai pemasuukan tambahan komikus juga perlu diperhitungkan. Apalagi bila karakter komiknya sudah cukup terkenal. Penggemar tidak akan banyak pertimbangan untuk membeli merchandise kaos bergambar komik yang lucu.

Selain itu, produk-produk merchandise tersebut juga dapat dijual dengan sistem paket. Anda dapat menjual komik, stiker, dan kaos dengar harga tertentu. Biasanya penjualan merchandise dengan sistem paket tersebut lebih efektif dan menarik untuk pembaca.

Membuat merchandise untuk komik selain menjadi pemasukan tambahan juga menjadi alat promosi karena ketika si pembeli mengenakan merchandise bergambar karakter komik yang anda  buat maka secara tidak langsung ia turut mempromosikan komik tersebut. Orang-orang yang melihat gambar-gambar di berbagai media tersebut barangkali akan tertarik dan mencari tahu tentang komik yang anda  buat.

Jangan lupa pula,, buatlah merchandise dengan kualitas baik. Jangan asal murah karena kualitas menentukan kepuasan pembeli. Dengan desain yang unik dan menarik namun kualitas rendah bisajadi pembeli akan kecewa dengan produk anda. Sekarang sudah banyak vendor penyedia jasa cetak mercandise yang berkualitas dan harga yang masuk akal. Tidak perlu menyambang workshopnya langsung, beberapa vendor bahkan menerima pemesanan online. Salah satu vendor yang yang baik kualitasnya misalnya CustomBagus.

Adanya merchandise dari karakter komik anda selain meningkatkan popularitas juga menghindari pembajakan karya oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Namun perlu diperhatikan yang nomor 1 tentu tetap kualitas karya komik. Karena tanpa  cerita dan karakter komik yang menarik maka merchandise yang anda buat bisa jadi menjadi tidak menarik untuk dibeli. Pembeli tentu mempertimbangkan popularitas karakter komik anda saat mereka hendak membeli produk anda. 

Gimana? Masih berpikir kalau komikus Cuma perlu bikin komik doang?




Lomba Blog: Inovasi Produk Bersama CustomBagus

2 Komendang:

Ridsal yahfin BALAS MON!!! mengatakan...

Pinginnya kalau ada merchandise dari komikus itu kaos, biar tau orang kalau komikus Indonesia komiknya bagus-bagus

laili umdatul khoirurosida BALAS MON!!! mengatakan...

wah iya juga yaa disini kurang pernak pernik speerti yang kamu sebutkan

ayo mamoon kamu bikin lahh