Kamis, 20 Desember 2012

SI JUKI DOT COM : KARENA WEBSITE YANG LAIN ITU MAINSTREAM

hai paramamon. Maafin gue yah yang udah jadi Blogger murtad. Maklum akhir-akhir ini gue sibuk banget. kalaupun free gue pakai buat ngetweet atau nulis. ya, bukan nulis blog karena gue harus nulis untuk SiJuki.Com

Entah kenapa gue ngerasa beruntung banget bisa gabung di Tim Sukses Si Juki. Secara gitukan, bang Faza itu selama ini gue idolain. nah sekarang gue bisa gabung bareng buat proyek websitenya si Juki. padahal gue gak mimpi apa-apa lo sebelumnya.
YM! Yahya Mesengger :|

SiJuki.com sendiri adalah website yang di desain seperti nyunyu.com atau malesbanget.com. Bedanya, sijuki.com itu sesuai sama kepribadian Si Juki yang antimainstream. Jadi, semua artikel di SiJuki.com ini bakal selalu antimainstream.

Oh ya, di sijuki.com gue kambali memakai ikon mamon si kepala kotak biru. Soalnya kata bang Faza itu cukup keren. Dan gue setuju.

SiJuki.Com sendiri baru di-launch, jadi artikelnya belum terlalu banyak. kita juga belum punya jadwal posting khusus. Jadi kapan aja bisa aja muncul artikel baru.

Sampai saat ini  tulisan gue yang udah nongol di sijuki.com ada dua yaitu  Cara Supaya Bau Kentut gak Mainstream sama  Hal-Hal yang Harus lo Persiapkan sebelum KIAMAT. Kode gue tuh (YM), jadi kalau ada artikel yang pakai YM itu yang nulis gue. Nyiahahahahaha


Kerennya ni, dalam usia yang cukup muda (eeeaaaa), sijuki.com udah punya aplikasi khusus buat android. jadi kalau lo pengguna android lo bisa buka webnya dengan lebih ringan.  kalau lo mau bisa didownload di sini. Maaf kalau masih kurang sempurna, soalnya masih coba coba.  Aplikasinya gue yang buat. Baru belajar juga sih. kapan-kapan gue kasih tutorialnya kali yak biar blog lo pada juga bisa dibikin aplikasi. Nyiahahaha.

Oke gitu aja deh sesi pamernya. Gue mau ngerjain tugas kuliah lagi. See You



Rabu, 05 Desember 2012

Sebuah DM yang Bocor


Pontianak pagi ini dibuat dari udara yang sejuk tapi tak sedingin kutub Utara. Juga senyum-senyum sendiri sisa percakapan tadi malam. Kumengintip ke luar lewat jendela kamar yang sejak tadi malam tidak terkunci. Ini pagi yang  cerah dengan aroma hujan yang masih mengendap di tanah basah.

Tak adalagi hujan yang membongkar kenangan, yang ada adalah cahaya matahari pertanda hari baru telah lahir.


"Aku undang kamu. pulangah temui aku. Sekedar untuk menghirup aroma secangkir kopi sambil bertukar dunia lewat kata" Ini sebuah kalimat yang kau DM-kan tadi malam, begitu manis rasanya.

Pagi ini aku duduk di beranda dengan secangkir kopi yang hangat. Ini bulan ke 38 sejak aku terakhir kali  menerima pesan "Selamat Pagi".  Benar katamu, seperti seorang pengembara aku sedang butuh tempat untuk pulang. Kamukah rumahku yang kutinggalkan? entahah. Ini hanya tentang "saling menemukan".

Cintaku sederhana namun benar adanya. Tanpa rekayasa dan sempurna.

Selasa, 04 Desember 2012

Hujan Bulan Desember

Sumber

Ini Pontianak, kotaku di bulan desember. Selain musim durian seperti biasa Desember adalah musim hujan. Ya, hujan yang akan selalu mengingatkanku padamu. Hujan telah turun sejak November, tapi di Desember ia lebih gencar membuat genangan dan membongkar kenangan.

"Untuk apa kenangan diciptakan?," Tanyamu pada suatu bulan Desember beberapa tahun yang lalu.
"Iya ada agar suatu saat nanti kita bersedih kita dapat melompat kembali kepada kebahagiaan di masa lalu," Jawabku begitu saja. Tanpa aku sadari aku sering melompat ke kenangan itu saat aku jenuh. Ternyata aku benar.

Kita sedang berjalan berdua saat hujan tiba-tiba turun. Begitu romantisnya seakan-akan terjebak di sebuah set film india. Sebenarnya aku ingin bernyanyi "Chayya-chayya", tapi aku lupa liriknya.

Kamu berlari dan aku di belakangmu. Kita tidak sedang romantis-romantisan, kita sama-sama sedang mencari tepat berteduh.

Memang kita bukan siapa-siapa dan diantara kita tidak ada apa-apa. Tapi dalam diamku aku mencintaimu. Saat hujan turun aku berteduh di depan pintu hatimu. Kau tak tahu dan aku tak peduli itu. Aku mencintaimu dengan sederhana, tanpa alasan, tanpa perlu balasan. Inilah cinta yang sempurna tanpa rekayasa.


Senin, 19 November 2012

Pidibaiq dan Gaza pagi-pagi sekali

Sumber

Pontianak pagi ini tercipta dari cahaya matahri yang hangat dan berita tentang gadza di layar televisi. Ada juga kabar tentang banjir di soreang. Semoga mereka sabar dan tabah.

Ingin rasanya membahas tentang tragedi yang sedang terjadi di gadza, tapi sepertinya sudah terlalu banyak berita yang mengabarkannya, sudah terlalu banyak blog yang meceritakannya.

Namun ada yang menarik ketika tadi malam saya terbangun dan berinisiatif membuka timeline twitter. Seseorang yang saya follow yang mengaku bernama @pidibaiq menulis sebgai berikut :

1. Gaza. Mengetahui keadaan mereka bisa membuat siapapun yang merasa manusia akan berharap datangnya kebaikan dalam doa. Dan mengutuk siapa saja yang menjahatinya.

2. Terserah, apalah yang engkau sembah, itu urusanmu, tetapi berbuat jahat kepada org lain, itu menjadi urusan penting untuk mempertanyakan kemanusiaanmu.

3. Mungkin engkau bisa mengatakan dirimu benar ketika sampai membunuh wanita dan bayi. Aku setuju, karena setan memang ibadahnya berbuat jahat.

4. "Jangan kebencianmu kepada suatu kaum, menyebabkan kamu menjadi tidak berikap adil" (Quran)

5. Bahkan jika Palestina berbuat jahat kepada Israel, pasti akan kukutuk. Hari ini ketika kita mengutuk Israel, kau tahu kenapa.

6. wendyboboko :  surayah jika dikau tinggal di palestina mau dikau apakan jika israel nyerang?
    Pidibaiq            : Hanya ada satu kata: Lawan (Widji Tukul)

Siapa pidiabiq sebenarnya? aku juga tidak kenal karena kami belum kenalan.

Yang aku tahu dari bio twitternya dia adalah imigran dari sorga, diselundupkan ke bumi oleh ayahnya yg tegang di kamar pengantin. Beliau adalah Imam Besar The Panasdalam. Ketua Front Pembela Islam Kristen Hindu & Buddha.

Kabarnya beliau ini penulis serial drunken monster, drunken molen, drunken mama, dan drunken monster. Ada juga buku al-asbun dan yang terbaru at-twitter. Katanya sih best seller, tapi aku belum beli semuanya kecuali yang terakhir.

Kok aku tahu banyak? udah kenalan dong? ya belumlah, wong kita belum kenalan,

Sebenarnya sih bukan siapa yang mengatakan yang penting tapi apa yang dikatakan. Nasehat dari seorang preman, kalau itu baik kenapa tidak dijalankan.

Udah, gitu aja. Salam

Sabtu, 17 November 2012

TWITTER ITU DRAMA

Posting ini di buat dalam keadaan sakit. Sepertinya akhir-akhir ini ge teralalu capek sehingga kondisi badan drastis menurun. Ada gejala hepatitis, tapi gue harap penyakitnya gak separah itu. Yah, begitulah kuliah di Pendidikan Biologi, Ga ada waktu buat nyantai. Boleh nyantai, tapi nilai juga harus siap di bantai, dibantai "C". hehehehe

Oh ya, selma sakit entah kenapa tweet-tweet gue jadi lebih galau dari biasanya. Contonya tweet-tweet berikut ini :
Dan masih banyak lagi di favorite tweet gue (@Ultramamon).

Seorang teman bertanya ke gue, apa gue galau beneran? ya enggaklah. Gue gak ngetweetin perasaan gue, gue cuma ngetweet yang mungkin orang rasakan. Lumayankan buat yang bisa ikutan curcol dengan menekan tombol rwtweet. Intinya sih, di dunia twitter kita gak bisa langsung menilai orang dari tweet-tweet nya. Sebuah akun humor belum tentu dikelola oleh seorang yang selucu sule atau aziz di dunia nyata.

Selain itu, kita juga gak pernah tahukan seseorang saat ngetweet sedang gimana. Bisa aja seorang yang ngetweet-nya lucu padahal sedang galau. Atau bisa juga seorang yang negtweet-nya galau padahal sedan ketawa-ketiwi bareng teman-temannya. Twitter itu penuh drama, bahkan dramanya lebih dari sekedar persaingan fitri dan mischa di sinetron cinta fitri.

Mungkin ada yang bakal protes dan bilang : " gak semua yang ada di twitter itu drama". TYap! gue juga setuju sama pernyataan ini. Tapi harus diingat pula kalau gak semua yang ada di twitter itu benar adanya. Jadi menilai dengan hanya melihat tweet-tweetnya tetap aja gak baik.

"...Jangan menilai buku dari sampulnya, jangan menilai seseorang dari twitternya.."

Rabu, 14 November 2012

AL-GALAWI : SELAMAT ULANG TAHUN ABANG

Sumber

1. Aku dan kamu adalah benih dari induk yang sama, menjelma manusia. Kau terlahir dan aku terlahir kemudian.

2. Kita sering berkelakar dan bertengkar, kadang kau mengalah kadang kau marah-marah. kita sebut ini persaudaraan. 

3. Dan ingatlah saat air cabe membuatku lari dari rumah ke sawah, lalu aku jatuh dan lututku berdarah.

4. Kini kau dirantau, tak dapat kumemantau, inilah pengabdian yang memukau. 

5. Setahun waktu kau di sana, abdi negara didik anak bangsa. kadang ingin bertanya kapan kau pulang.

6. Di tanggal tepat di hari ini, usiamu tak lagi dini, setahun bertambah lagi. 

7. maka perpisahanlah menyadarkan arti kebersamaan. Aku tiba-tiba tersadar di ulang tahunmu yang tak ter-rayakan.

Senin, 12 November 2012

BAPAKKU SEORANG GURU


Keluarga gue adalah keluarga yang sederhana, gaji bokap sebagai PNS bahkan kadang gak cukup buat makan satu bulan. Sejak kecil gue terbiasa dengan keterbatasan. Inilah yang menjadikan gue semangat untuk mengejar mimpi gue. Gue gak boleh tetap dalam kekurangan, gue harus maju dan mampu berarti bagi orang banyak. Gue punya mimpi untuk menjadi berarti bagi mereka yang kekurangan.
Dua puluh lima tahun yang lalu bokap ditugaskan untuk mengajar di Kabupaten Kapuas Hulu, sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Sejak kecil bokap bercita-cita jadi guru, tugas yang berat itu diterimanya dengan ikhlas. Dengan semangat pengabdian beliau berangkat ke tempat tugas dengan menumpang perahu dagang yang menuju Kapuas Hulu. Di tahun 80-an transportasi air memang menjadi andalan di Kalimantan Barat, jalan darat masih berupa jalan-jalan tikus yang tidak saling terhubung antar satu kabupaten ke kabupaten lain. Perjalanan melalui jalur air juga tidak singkat, butuh dua minggu untuk sampai ke ibukota kecamatan tempat bertugas. Dari ibukota kecamatan, bokap yang katanya waktu itu masih ganteng, harus menempuh beberapa jam lagi untuk sampai ke tempat ia ditugaskan, sebuah kampung bernama Nanga Ret.
Di Nanga Ret bokap mengenal nyokap gue dan akhirnya menikah. di sini pula abang gue lahir. Bokap yang ditugaskan menjadi Guru Pendidikan Agama Islam tidak hanya mengajar di sekolah saja. Setiap sore sehabis ashar bokap juga menjadi guru mengaji bagi beberapa anak di kampung.
Nyokap juga pernah cerita kalau dulu nyokap ngajinya juga belum lancar. Setiap malam bokap selalu meluangkan waktu buat mengajari nyokap mengaji. Kalau ibunya tidak pandai  mengaji bagaimana anaknya pintar mengaji? Begitu katanya.
Dua tahun di tempat tugas pertama ia akhirnya memutuskan pindah ke sekolah lain. Jangan salah, ia sama sekali tidak melupakan tekad pengabdiannya. Ia tidak memilih sekolah yang lebih dekat ke kecamatan, malah lebih jauh dan lebih terpencil. Di sini bokap dan nyokap benar benar asing. Bila di tempat sebelumnya masih banyak sanak saudara dari nyokap, di sini tidak ada sama sekali.
Di tempat yang baru bokap tetap menjadi guru mengaji. Karena kampung yang baru lebih luas dari sebelumnya, murid mengajinya lebih ramai dari sebelumnya. tak ada jeda sedikitpun untuknya istirahat. Namun ia bahagia, karena ini adalah cita-citanya.
Sri Wangi, di sanalah gue lahir. Gue yang sejak dalam perut di prediksi dukun beranak sebagai seorang cewek terlahir sebagai seorang cowok. Gue menjadi penghuni baru bagi rumah dinas guru yang berukuran empat kali lima meter yang kami diami.
Bokap sering banget bawa gue ke sekolah. Gue yang waktu itu masih bayi digendongnya ke sekolah dengan kain dan terus digendong sambil mengajar. Kata nyokap dari empat bersaudara, gue yang paling sering di gendong bokap. Sampai umur 6 tahun gue masih digendong bokap setiap pulang dari rumah tetangga buat menonton televisi.
Bokap  adalah seorang yang sederhana. Bagaimana tidak, sepanjang menjadi guru ia hanya menerima gaji lima puluh ribu sebulannya. Kalau sekarang uang sebanyak itu Cuma cukup buat gue jajan tiga hari doang. Setelah gue lahir, kebutuhannya kian meningkat. Ini memaksanya berpikir keras agar kebutuhan keluarganya tercukupi. Jika keputusannya adalah berhemat, penghematan apalagi yang harus ia lakukan. Bahkan sejak menjadi guru ia tak pernah membeli baju baru. Ia mengajar hanya dengan sebuah kemeja lusuh dengan logo PGRI yang sudah tidak jelas. Murid-muridnya bahkan mungkin bosan melihat bajunya ini. Setelah ditimbangnya masak-masak, ia akhirnya memutuskan ikut menjadi kuli pemikul kayu. Pekerjaan yang dilakukannya setiap hari minggu tiba.
Jangan mengira bahwa kayu kayu yang diangkutnya adalah kayu kayu kecil yang beratnya sama dengan sekarung beras. Kayu kayu yang diangkutnya adalah kayu kayu raksasa berdiameter hampir satu meter dan beratnya lebih dari tiga kali berat dirinya. Ia sama sekali tidak punya otot seperti Ade Rai. tubuhnya pendek, bahkan perutnya buncit. Namun ia sama sekali tidak mengeluh, demi keluarga katanya.
Perjalanan yang cukup jauh dari tengah belantara ke kampung membuatnya tiba di rumah pukul Sembilan malam. Itupun jika tidak ada halangan. Ia tidak langsung istirahat,  masih disempatkannya bercanda dengan anaknya walaupun tubuhnya  terasa remuk setelah berkerja seharian.
Tubuhnya yang masih terasa pegal sama sekali tidak membuatnya terlambat datang ke sekolah. Hari senin memang tak ada mata pelajaran pendidikan agama islam, tapi akibat kekurangan tenaga guru, mata pelajaran lain pun di ajarkannya. Walaupun mata pelajaran yang dipegangnya tidak sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya ia tidak pernah menolak. Setiap malam ia selalu membuka buku pegangan guru untuk mempersipakan materi yang akan diajarkan esok harinya. Walaupun mata pelajaran itu bukan keahliannya, ia tak mau menyesatkan muridnya katanya.
Tidak hanya sebatas itu. bila ada salah satu guru yang sakit dan tidak bisa mengajar ia terkadang harus mengajar rangkap kelas. Dua kelas diajarkannya sendiri, bolak balik ia di dua kelas.
Bokap sering menggantikan temannya yang sakit, tapi bila ia yang sakit ia tetap mengajar. Pernah suatu ketika penyakitnya benar-benar parah, bahkan untuk duduk saja tidak mampu. Namun ia tetap memaksa untuk tetap mengajar. Maka dengan berat hati nyokap memapahnya ke sekolah.
Di Sri Wangi pula adik gue, muslim, lahir. Setelah sekian lama menjadi kuli pemikul kayu, akhirnya bokap dan nyokap membuat sebuah warung kecil. Pilihannya kali ini sama  sekali tidak membuat pekerjaannya ringan. Setiap minggu ia harus berjalan kaki berpuluh puluh kilometer untuk membeli barang dagangan untuk dijual kembali dengan untung yang tidak besar. Berangkat shubuh dan pulang di waktu senja adalah rutinitasnya setiap hari minggu, berates ratus kilo barang dipanggulnya. tapi percayalah, ia bukan pedagang, ia masih seorang guru.
Bokap pernah membeli sebuah sepeda motor. . Ia tak pernah mengemudikannya. Sejak dibeli sampai kemudian dijual, motor itu disewakannya pada seorang teman untuk mengojek. “untuk apa saya motor? Pekerjaan saya hanya mengajar. Jalan kaki tak sampai tiga menit dari rumah,” ujarnya sambil  tersenyum. Bokap bisa saja menjadi tukang ojek dengan motor barunya. Tapi konsekuaensinya ia harus sering bolos mengajar, dan niat itu tidak sama sekali terbersit dalam benaknya.
Setelah sekian banyak murid dididiknya, akhirnya beberapa tahun kemudian ia kembali dimutasi ke kampung lain. Kampung yang memang lebih dekat dengan ibukota kecamatan yang baru. Dua tahun ia mengabdi. Sama seperti sebelumnya, ia juga menjadi guru ngaji dan khatib shalat jum’at.
setelah beberapa kali pindah tempat tugas di kabupaten yang  sama, 12 Tahun lalu kami sekeluarga pindah ke Pontianak kembali ke kota. Di sini akhirnya bokap membangun istana mungil untuk kami berlima, waktu itu adik gue yang terkecil belum lahir. Tempat tugas bokap yang baru cukup jauh dari rumah, bokap yang masih hidup dengan sederhana tidak punya cukup uang untuk membeli sebuah motor. Setiap minggu sore ia mengayuh sepeda menuju tempat tugas, menginap, dan kembali di hari rabu.
Setahun pindah, ia akhirnya memperoleh rezeki untuk membeli sebuah sepeda motor. Astria Prima keluaran tahun Sembilan puluhan menjadi tunggangannyaa. Ia sangat bangga, motor yang dipakainya adalah hasil jerih payahnya mengajar.
Tak berselang lama, Tuhan membalas pengabdiannya selama ini. Bokap berkesempatan melanjutkan  kuliah S1  melalui program persamaan. Sabtu dan minggu ia kuliah sedangkan hari lainnya tetap mengajar.
Saat kuliahpun bokap tetap dikenal sebagai seorang yang sederhana. Bagaimana tidak, walaupun ia seorang guru ia tidak pernah malu membawa bekal makanan dari rumah. Ia juga tidak pernah memakai baju yang istimewa. Hanya tiga buah kemeja yang menjadi andalannya. Sebuah sepatu karet senantiasa pula menemaninya. Ia seorang guru yang bersahaja.
Empat tahun lalu, dia lolos kualifikasi sebagai kepala sekolah. Pintu harapan terbuka, namun perjuangan belum berakhir. Ia dipilih memimpin sebuah Sekolah yang cukup terpencil. Jaraknya hanya satu jam ke ibukota provinsi, namun ia harus menhadapi tantangan yang sama dengan tantangan yang dihadapinya sepuluh tahun yang lalu.
Namun jiwanya yang seorang pendidik tetaplah seorang pendidik. Semangatnya tidak pernah mati, jiwa pengabdiannya tetap membara. Semua dihadapinya dengan ikhlas dan sabar. Terbukti, empat tahun dipimpinnya, sekolah itu kian membaik keadaannya.
Gue gak peduli kalau Andrea Hirata bilang Bokapnya adalah bokap nomor satu di seluruh dunia, bagi gue Bokap gue adalah Bokap yang Ternomor satu di seluruh dunia. Bokap emang sering ngomel, dan kadang gue emang kesal. Tapi gue  yakin semua itu buat kebaikan gue.
Gue percaya bahwa bentuk dari cinta yang sebenarnya adalah kepedulian. Bokap adalah orang yang paling peduli yang pernah gue kenal. Pengabdian beliau menunjukan beliau peduli akan masa depan anak bangsa. Itu berarti bokap mencintai bangsanya. Bokap ngegendong gue ketika pulang nonton TV di rumah tetangga karena kaki gue sering digigit semut api kalau jalan sendiri menunjukkan bahwa bokap peduli sama gue, bokap sayang sama gue.
Itulah kenapa ketika bokap mengarahkan gue ke jurusan guru gue manut dengan kehendaknya, karena gue percaya bokap mau yang baik buat gue. 

AL-GALAWI : Ayat-ayat LDR


1.1. Dan akupun akan bercerita padamu tentang rindu. Segelas kopi temaniku duduk sendiri menunggumu pulang. 

1.2 Kau mulai berbicara tentang jarak dan jarak kemudian semakin nyata. Bukan tempat, tapi hatimulah yang menjauh

1.3 Segelas kopi mulai tak pahit lalu datang sepiring pisang goreng. Aku belajar melakupakan tapi itu adalah hal yang sia-sia.

1.4 Pisang goreng lalu mulai dingin saat kau tiba-tiba bilang kau tidak lagi cinta. Sedang aku masih rindu bertemu, kau baik-baik saja disana? 


1.5 lalu kau berkata "aku lebih baik tanpamu",maka merekahlah senyum di bibirku karena tahu kau bahagia sedang hatiku bersedih penuh duka lara 

1.6 Aku masih menyimpan rindu, tapi bukan temu yang kumau. hanya ingin kamu yang dulu dan kutahu itu tak mungkin.

1.7 kopi terlanjur hambar dan pisang goreng terlanjur dingin. ya sudah kutinggalkan saja memetik rambutan di kebun belakang. 

Rabu, 07 November 2012

3 GAMBAR BUAT TEMEN

Udah lama rasanya gak posting gambar di log ini. Perasaan, terakhir gue posting gambar itu pas burung gue masih belum berbulu. Iya, burung merpati gue masih belum berbulu. Pasti udah pada ngeres aja nih. Hih!

Nah beberapa hari yang lalu dua orang temen gue minta gambarin. Emang sih gue kalau gambar gak ada mirip-mripnya sama objek sebenarnya, tapi lumayanlah buat profil picture atau avatar, hehehehe.

Nih gambar pertama :


terus yang ini temen gue minta buatin gambar dia dengan ucapan happy birth day buat pacarnya :


Dan ini gue sengaja bikin tanpa diminta buat temen gue yang ulang tahun hari ini :


Buat temen gue yang ulang tahun, semoga tambah dewasa, semakin matang dan semoga kta jadian. #kemudiandimutilasipacarnya

Oke, cukup sekian dan aura kasih.

Selasa, 06 November 2012

LOVELOGY : ANATOMI DAN FISIOLOGI CINTA


Hari yang melelahkan setelah hari ini Maraton dua UTS yang sama beratnya. Ada dua mata kuliah yang di-UTS-kan hari ini, biokimia dan Anatomi Fisiologi Hewan.

Gak mau panjang lebar curhat tentang kulianya. Postingan kali ini gue bakal menghubungkan antara mata kuliah anatom dan fisiologi hewan ( maksa ) dengan Cinta.

Dalam anatomi dan fisiologi hewan yang akan gue singkat dengan Anfiswan gue gak hanya belajar tentang anatomi hewan doang lo, tetapi juga anatomi manusia. Ya, manusia digolongkan pada hewan, hewan dengan kelebihan akal sehingga menjadi makhluk yang lebih sempurna. #beladiri #gakmaudisamaindenganhewan

Jadi di Anfiswan gue belajar kalau tubuh manusia terdiri atas beberapa bagian yaitu :
1. Bagian kepala dan leher.
2. Bagian Torax (Dada)
3. Bagian Abdomen (Perut)
4. Bagian Anggota gerak (tangan dan kaki)

Lalu apa hubungannya dengan Cinta mon? gak ada, he, ada deng.

Nah, setelah gue melakukan penerawangan dan pemerawanan, eh, maksud gue perenungan, akhirnya gue bisa menyimpulkan kalau Hubungan Cinta juga punya anatomi yang sama.

Gak percaya? si yayuk beli ikan cucut, lanjut!

Senin, 05 November 2012

BILANG SAJA KAMU SUKA


Pernah gak kamu jatuh cinta kepada seseorang dan dia gak tahu kamu suka dia karena kamu menyimpannya sendirian?. 

Tiap pagi kamu selalu buka timeline dia buat liat tweet-tweet dia atau status-status facebooknya. Tiap ketemu dia rasanya pengen loncat terus teriak wow. Dan saat kalian saling bertatap mata kamu buru-buru memalingkan wajah karena malu dan tidak tahan untuk tersenyum.

Begitulah nasib seorang penggemar rahasia, secret admirer.

Seorang secret admirer adalah pribadi yang hebat tapi bodoh. Hebat karena ia sanggup mencintai tanpa mengarapkan balasan, don bodoh karena ia tidak mengusahakan sebuah kepastian.

Seorang secret admirer biasanya mengalami trauma akan masa lalunya. Perasaan takut ditolak membuatnya menyimpan perasaan itu sendirian. Akibatnya nasibnya terkatung-katung tanpa kejelasan.

Kawan, jatuh cinta itu indah. Tentang luka, kalau memang jatahnya cepat atau lambat akan datang juga. Kamu menyimpan perasaan kamu, mungkin juga dia menyimpan perasaan ke kamu. Kalian sama-sama menderita karena cinta yang tak tersampaikan. Sayang sekali bukan? cinta yang seharusnya bahagia harus berakhir dengan saling menunggu tanpa kejelasan.

Kamu takut ditolak? Takut patah hati? terus kalau nanti dia punya pacar kamu gak patah hati? cepat atau lambat patah hati itu pasti, terus kenapa harus ditunda? keapa gak dipercepat aja. kalau emang kamu ditakdirkan bahagia dengan dia maka kamu lebih cepat bahagianya, kalau kamu ditakdirkan gak sama dia kamu lebih cepat sadar dan bisa segera move on.

Dia bukan Tuhan, dia gak tahu perasaan kamu tanpa kamu bilang.

Ingat kata "Mention for follback"? bahkan untuk follback di twitter saja perlu mention dulu apalagi soal follow=memoollow hati.

Minggu, 04 November 2012

PUTRI DELIA (DONGENG)

*Posting kedua malam ini*

Ini dongeng kedua yang gue tulis berdasarkan ide sendiri setelah terakhir menulis dongeng pas gue kelas satu SD.

Jadi ceritanya tadi pagi pas lagi nak motor ke kampus gue tiba-tiba dapat ide sebuah dongeng. Takut keburu lupa ya gue posting dimari. Ayo mulai!


PUTRI DELIA
Dengarkan dongengnya di sini (oleh kak @honeylizious)

Alkisah di sebua negeri bernama Orivela hiduplah seorang putri cantik bernama Putri Delia dan adiknya bernama Sarige. Putri Adelia sangat cantik sehingga menjadi perhatian bagi rakyat Orivela.  Selain itu putri Delia juga sangat baik. Setiap minggu Putri Delia menemui rakyat untuk memberikan bantuan bagi mereka yang kesusahan. Berbeda dengan kakaknya, Putri Sarige adalah putri yang pelit. Ia hoby berfoya-foya tanpa peduli penderitaan rakyatnya.

Pada suatu ketika di negeri Orivela diadakan sebuah pesta besar yang mengundang tamu-tamu dari kerajaan tetangga. Pangertan-pangeran yang hadir berusaha mendekati Putri Delia, tak ada satupun yang mendekati Sarige. Sarige merasa kesal dan marah. Ia iri kepada kakaknya. Ia merencanakan sebuah rencana jahat untuk menyingkirkan Putri Delia.

Putri Sarige kemudian menemui nenek sihir untuk meminta bantuan menyingkirkan Delia. Dengan senang hati sang nenek sihir membantu rencana jahat Sarige. Dengan kekuatan saktinya sang Nenek sihir mengirim sihir kepada Delia.

TELURMU JATUH DI MANA?

Gue galau. Bukan! bukan karena gue jomblo, kalau itumah udah terbiasa.  Gue galau bukan juga karena malam minggu, soalnya gue nulis posting ini di malam senin. Alhamdulillah tai malam gue berhasil melewati fase tersulit bagi seorang jomblo, thank you buat guling dan Hand Body Lotion. Eits! Hand Body Lotion buat nangkal nyamuk, bukan buat anu.....

Gue lagi galau karena besok itu masih UTS, dan gue lagi di fase malas kali ini. Gue berharap ada yang nulis materi UTS di TL Twitter salnya gue lebih senang baca TL daripada baca buku atau fotokopian. #MamonAnakTwitter. Jadi sebelum baca doain dulu gue semoga UTS lancar. 

Oh ya sebelum lanjut postingan ini gue mau nanya dulu? lho pernah  patah hati? pernah gak bertanya kenapa dalam cinta ada patah hati?, silahkan jawab di dalam hati. soalnya kalau o jawabnya ngomong entar dikira gila ngobrol sama laptop. ih!

Kenapa dalam cinta harus ada patah hati? karena kita memulainya dengan jatuh. Saat jatuh cinta maka hati kita menjadi rapuh. Nyadar gak sih lo, pas kita jatuh cinta hati kita semakin lemah dan rentan galau.  Itulah pertanda hati kita rapuh. Makanya ketika mengalami tekanan yang lebih keras hati kita kemudian patah. Analoginya adalah jatuh cinta itu seperti menjatuhkan sebutir telur, ada yang langsung hancur ada yang hanya retak. Sedangkan patah hati adalah seperti menginjak telur yang jatuh tadi. Mereka yang beruntung akan punya waktu jeda antara jatuh dan kemudian diinjak, sedangkan bagi yang tidak beruntung mereka akan langsung pecah, dalam cinta biasanya ini disebut penolakan.


Kamis, 01 November 2012

POSTING 1000000 RASA, RUMAH 1000000 CERITA

Hae,,,, w mo lbh rjien posting ckrang. soalna udh bebrp bln ne blog w g' keurs. u ngrt g' gw monk pa? cma, w jg g ngrt w ngmong pa....

Capek ah, bukannya lebih cepat ngetiknya malah jadi lebih lama,,, #Gakberbakatalay

Jadi gue mau cerita tentang kelanjutan proyek gue beberapa bulan lalu. Sebuah proyek yang berawal dari keisengan, Nulis Bareng Peduli Bareng. Nulis bareng atau selanjutnya gue singkat NBPB adalah komunitas dimana lo bisa ikut berpartisipasi nulis sebuah cerita untuk bersama-sama dibukukan dan royaltinya untuk kegiatan sosial di bidang pendidikan. Sampai saat ini sih gue belum tahu mau kemana tujuannya, soalnya gue mau lihat dulu berapa yang bisa didapat di proyek pertama.

Di proyek pertama kemarin kami mengambil tema Rumah. Lumayan banyak sih yang minat ikutan, dan akhirnya terpilihlah 14 tulisan untuk kita bukukan bersama.
Penampakan Rumah 1000000 Cerita

Buku pertama kami beri judul Rumah 1000000 Cerita.  Buku ini merupakan kumpulan tulisan tentang makna sebuah rumah dalam beberapa sudut pandang berbeda. Rumah menemukan bentuk sendiri dalam setiap tulisan. Rumah mengajarkan banyak hal, tentang rasa sukur, tentang impian-impian, tentang kesabaran, dan kasih sayang.

Oh ya, buku ini juga diendorse oleh berapa penulis hebat lho, Berikut endorsement-nya :

KHRISNA PABICHARA (PENULIS TRILOGI SEPATU DAHLAN) :

"Sesederhana apa pun, rumah -yang teduh dan tenang- selalu bisa meneduhkan dan menenangkan. Bahkan Rumah Mimpi atau Gubuk Terlarang sekalipun. Setiap kita punya kenangan berwarna-warni ihwal rumah darimana kita bermula. Dan, cerita-cerita di dalam buku ini seolah-olahpemantik yang bisa meletikkan kenangan demi kenangan itu"

IWAN SETTYAWAN (PENULIS NOVEL BEST SELLER 9 SUMMERS 10 AUTUMNS DAN IBUK)

Rumah adalah tempat kita berpulang, membesarkan hati, menyegarkan
hidup kita. Yuk, jadikan rumah, mnjd tempat paling hangat

ANGEL (PENULIS HITAM PUTIH DUNIA ANGEL)  

Rumah, adalah sebuah pondai diri kita sendiri, bermakna jika belajar untuk mensyukurinya

Mamon dan Rumah 1000000 Cerita

Jumat, 26 Oktober 2012

DARI ULTRAMAN, BOYBAND, HINGGA SEKOLAH GRATIS YANG KEREN


Hidup itu harus punya mimpi, entah itu mimpi indah atau mimpi basah. Enggak, gue gak maksud jorok kok, maksud gue mimpi jadi perenang profesional gitu. Kan basah-basahan tuh  *ngeles*.

Dunia ini terus berkembang karena adanya mimpi. Kita gak akan jadi apa-apa tanpa sebuah mimpi. Kata bang Giring Nidji, Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia. Dari lirik lagu itu kemudian gue tahu kenapa para penjahat di kartun-kartun gak pernah bisa menguasai dunia . mungkin karena mereka gak punya mimpi. 

Waktu gue kecil gue pernah punya mimpi yang ekstrem. Gue pengen bisa jadi ultraman, manusia raksasa dengan kepala lancip dan setiap hari kelahi dengan monster. Menurut gue menjadi ultraman adalah salah satu bentuk penghematan energi. Karena dengan menjadi ultraman maka jakarta – bandung bisa ditempuh dengan jalan kaki. Namun seiring bertambahnya usia dan kegantengan gue, gue sadar  kalau mimpi gue gak masuk akal. Alasaannya semua pemeran ultraman itu ganteng  dan gue ....., gue...., gue gantengnya udah keterlaluan. Saking gantengnya gue bahkan menempati tingkat terakhir dari ganteng, yaitu “Abstrak”. 

Setelah gue beranjak SMA, gue berpikir kalau menjadi ultraman adalah mimpi terbodoh gue. Ternyata bukan, setamat SMA gue punya mimpi yang lebih ajaib daripada itu. Gue bermimpi menjadi boyband. Ya!!! Boyband, lo gak lagi salah baca. GUE BERMIMPI JADI PERSONIL BOYBAND *Diulang biar lebih terdramatisir*.

Waktu itu Sm*sh lagi tenar-tenarnya dan Cherrybelle lagi hot-hotnya. Sedangkan gue, status gue masih mantan siswa dan calon mahasiswa yag merangkap admin sebuah fanbase bernama @TwibiBoyz. Iya, gue pernah Alay -_-“. 

FYI aja sih, dulu fans Cherrybelle hanya disebut dengan nama Twibi dan gue adalah orang di balik nama twiboy. Gue yang ngusuin kalau fans cowoknya disebut twiboy karena menurut gue twibi itu “girly”. Sekarang gue baru nyadar kalau Twiboy emang gak “Girly” tapi terdengar rada “Bancy” *Disambit Anisa Cibi* . Aku kotor!.

Dari akun Twibiboyz-lah kemudian gue kenal dengan dua orang manusia (yang juga penggemar cherrybelle tentunya) bernama Jimmy dan Denny. Jimmy bukan Jimmy Neutron dan Denny bukan Denny Phantom apalagi  Denny si Manusia Ikan. Jimmy seorang siswa SMK dan Denny seorang mahasiswa pemetik gitar. Setelah semakin akrab, kami bertiga sepakat membentuk Boyband.

Sejak itu gue mulai rajin latihan dance di rumah.berbagai gerakan gue pelajari, mulai dari koprol, kayang, moonwalk sampai goyang ngebor. Untuk gerakan  koprol gue modifikasi dengan  koprol sambil bilang Wow. WOW!.

Berhubung gue  gak mau kalau boyband gue entar dicaci karena lipsync gue berusaha meningkatkan kualitas suara dengan rajin olah vokal minimal dua kali sehari. Untuk menghemat waktu, jadwal olah vokal gue sesuain dengan aktivitas lain yang dilakukan dua kali sehari dan dapat dilakukan bersamaan. Awalnya gue mengatur jadwal olah vokal disamakan dengan jadwal makan, hasilnya gue digaplok dengan magic jar sama nyokap karena makan sambil nyanyi. 

Setelah  mempertimbangkan masak-masak akhirnya gue mutusin kalau latihan olah vokal bakal gue gabungin sama jadwal mandi. Maka jadilah kamar mandi sebagai studio mini tempat gue bernyanyi dengan binalnya.
Suatu sore gue lagi asyik nyanyi –nyanyi ganteng di kamar mandi.pas lagi asyiknya nyanyi tiba-tiba pintu digedor. Adegan  yang  kemudian terbayang di benak gue adalah : Pintu digedor - kepala gue nongol- Astaghfirullah! Pak RT datang bawa polisi – Gue diseret dari kamar mandi, tanpa handuk tanpa baju. Gue buru-buru memakai handuk supaya apa yang gue bayangin gak terjadi. Pelan-pelan gue nongolin kepala, ternyata eh ternyata nyokap lagi kebelet  nahan pup karena kebanyakan makan cabe. Gue baru sadar kalau bayangan yang terlintas di benak gue itu lebay banget. Dan gue juga sadar kalau ternyata itu lagunya Jamrud.

Senin, 22 Oktober 2012

Hujan Setahun Lalu

Sumber

Hujan mulai sering turun di Pontianak, Kotaku. Aroma hujan yang khas menguap dari tanah-tanah basah. Pagi ini matahari bersinar cerah. Seperti biasa, hujan mungkin akan turun sore nanti.

Hujan selalu menyimpan banyak kenangan. Entahlah, hujan memang seperti sebuah recorder, kadang ia merekam, kadang ia memutar kembali kenangan-kenangan itu.

Aku masih ingat, setahun yang lalu di bulan yang sama, hujan sering turun saat kita duduk berdua. Entahlah, seperti sebuah kebetulan bila kubersamamu, langit tiba-tiba gelap dan turun hujan. Saat itu aku percaya bahwa langit sedang memberi perpanjangan waktu untukku menikmati senyum cantikmu. Walau kamu asyik dengan handphone-mu dan aku asyik dengan twitter-ku.

Hujan menyimpan banyak kenangan tentang kita......

Aku juga masih ingat saat itu hari minggu, dan kita sedang makan siang bersama. Seperti biasa, langit yang semula cerah tiba-tiba berselimut mendung dan hujan benar-benar turun. Kita terperangkap lebih lama di sana. Kamu asyk dengan handphoe-ku dan aku asyik dengan twiter-ku.

Jalan-jalan mulai tergenang, kita masih duduk berdua dan masih diam. Sesekali aku mencuri padang kepadamu, berharap kamu tersenyum.

"Aku ingin kam jadi pacarku," kalmat itu tiba-tiba keluar begitu saja dari mulutku. Kamu  membisu. Kemudia kita sama-sama diam.

"Aku tak siap memperjuangkan cinta ini, terlalu berat. Biarlah kita menjadi sahabat, persahabatan tidak pernah menuntut "sama", selalu ada tempat untuk "perbedaan" dalam persahabatan,", kalimat itu kamu ucapkan sambil tetap menegtik pesan di andphone-mu, tiga puluh menit setelah kalimat terakhir yang keluar dari mulutku.

Hari itu, hujan merekam kekecewaanku, bukan kecewa padamu. Tapi pada keadaan, pada dunia yang menunutut kita harus sama untuk saling jatuh cinta.

Selasa, 02 Oktober 2012

KEREN ITU....


“cewek itu menilai cowok dari hatinya, bukan dari penampilannya” – Nenek gue, 75 tahun.

Itulah sebaris kalimat yang telah menjadi sebuah mitos turun menurun diwariskan dikalangan makhluk bertampang abstrak. Sebagai orang ganteng gue menolak mitos ini. bagi gue ini hanya semacam hipotesis karena kenyataan di lapangan menunjukan kebalikannya. Kenyataan menunjukkan, cowok dengan wajah dibawah  rata-rata ketampanan perkapita  sebagian besar menjomblo. Kalaupun ada yang punya pacar dapat dipastikan 90%-nya mendapatkan pacar melalui dukun atau ATM. Oleh karena itu, sejak kecil  gue udah menanamkan kepada diri gue untuk tampil “keren”. 

Kata keren identik dengan penampilan parlente dan gagah. Namun bagi kami anak-anak kampung kami akan terlihat keren apabila orang-orang melihat kami dengan mata yang tak berkedip walaupun kami berpakaian compang-camping dengan ingus yang meleleh dari goa-goa di atas mulut kami. Jangan tanya gue apa itu parlente, gue menulis kata itu hanya agar terlihat keren.
Beberapa hal yang menurut kami “keren” adalah sebagai berikut :

1. Meloncat dari pohon di pinggir sungai 

Meloncat dari tempat yang cukup tinggi terlihat keren karena untuk melakukannya butuh keberanian. Gak setiap orang berani akan ketinggian. Di kampung gue, semakin tinggi tempat meloncat semakin keren kelihatannya. biasanya kala anak-anak cowok udah siap meloncat anak-anak cewek teriak-teriak histeris, seolah-olah  sang pelompat adalah morgan smash.

2.  Mampu menyelam lama
Masih ada hubungannya dengan sungai. selain anak yang berani melompat dari tempat tinggi, anak yang mampu menyekam dalam waktu yang lama juga akan digolongkan keren. Alasannya, menahan nafas di dalam air bukan perkara yang mudah, hanya orang yang keren yang bisa melakukannya. 

3. Punya gasing yang keren
Kalau zaman sekarang harus punya mobil keren untuk terlihat keren, zaman gue kecil cukup dengan punya gasing yang keren kami udah bisa terlihat keren. gasing keren yang dimaksud adalah gasing yang putarannya lama dan selalu menang bila dipertarungkan.

4. Bisa Nonton Kartun Seharian di Hari Minggu
Ini jelas banget koerennya,soalnya di kampung hanya ada beberapa rumah yang memiliki televisi di rumah. artinya hanya anak pemilik rumah yang bisa melakukannya. Anak-anak yang gak punya TV di rumah biasanya akan pulang sebelum jam 12 siang karena bila terlambat pulang orang tuanya yang akan datang menjemputnya. Sambil membawa rotan biasanya.

5. Makan Supermi Goreng Diremukin
apa hubungannya supermi dan keren?. Jadi di saat gue kecil dulu, mie instan diremukin adalah cemilan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. untuk anak dari golongan bawah mie isntan yang umum dikonsumsi adalah mie sakura, entahlah sekarang masih produksi apa enggak.

Untuk anak dari kalangan berada, mie yang biasanya dikonsumsi adalah supermi goreng. Kelbihannya dari supermi goreng, di dalamnya ada kecap sehingga saat mekakannya dijamin pipi akan belepotan. Tanpa melihat belepotan, anak yang mampu beli supermi goreng itu Keren.

Oke, demikian postingan gak penting gue, semoga dengan membaca postingan ini lo bisa jadi keren.

Sabtu, 08 September 2012

Diam-diam Jatuh Cinta Sendirian



Semua orang pasti pernah merasakan jatuh cinta sendirian, saat dimana kita mencintai tanpa harapan memiliki.

Ya, gue pernah berada di posisi itu, bahkan sampai saat ini mungkin. Lo bisa simak ceritanya di blog gue “AKU, KAMU, DAN CINTA”

Mencintai tanpa berharap sebenarnya adalah sesuatu yang sangat sulit. Tidak dapat kita pungkiri bahwa kita manusia adalah makhluk yang ditakdirkan membutuhkan kasih sayang. Namun hati selalu mampu meruntuhkan logika, sehingga apapun teori yang berlaku gak akan ada arti apa-apa bila hati sudah berkerja.

Jatuh cinta sendirian itu rentan galau, namun gue memutuskan untuk menikmati semua itu. tak ada pilihan lain, itulah satu-satunya cara gue menemukan potongan lebahagiaan diantara kegalauan yang harus gue laluin.
Bagaimana gue menikmati kegalauan? Gue menikmati kegalauan sebagai sebuah motivasi  bagi gue buat meraih segala cita-cita gue. yes! Ketika lo gak bisa mendapatkan seseorang yang lo cintai, maka berhasillah! Buat dia sadar bahwa elo lebih layak dicintai. Lo harus lebih baik dari orang yang dia pilih.

Free download gratis pdf ANALOGI CINTA SENDIRI @landakgaul