Selasa, 26 November 2013

Sesuatu yang Wajib Ada Saat Kumpul Keluarga



Kerjaan seabrek menunggu gue dengan anteng. Bukan kerjaan yang biasa dikerjain orang kantoran. Melainkan kerjaan yang bersumber dari rumah gue, lebih tepatnya dari Nyokap. Beliau memberi gue banyak tugas untuk membereskan rumah yang dalam ukuran Nyokap, kondisi rumah gue berantakan. Padahal menurut gue, kondisi rumah masih normal-normal aja kok. Paling debu-debu aja yang asik menempel di lantai. Mainan-mainan adik yang berserakan. Dan beberapa barang lagi yang masih berserakan. Hehe
.
Kata Nyokap sih bentar lagi saudara dari luar kota mau datang ke rumah gue. Maka dari itu, Nyokap pengin kalau rumah terlihat rapi dan bersih. Supaya saudara-saudara gue dari luar kota itu merasa nyaman. Gitu.
Gue awali dengan merapikan barang-barang yang berserakan. Mainan-mainan adik gue yang seumur jagung itu tampak berserakan di lantai ruang tamu. Dan juga ada beberapa di ruang keluarga. Gue heran sama anak kecil satu ini, mainnya muter-muter terus. Kadang di ruang tamu, kadang juga di ruang keluarga, dan kadang juga di genteng.

Mainan itu gue ambil satu per satu lalu gue masukan ke keranjang mainannya. Lumayan banyak juga mainan adik gue. Mungkin, mainan itu bisa dipakai untuk mengubur tubuh adik gue sendiri. Karena saking banyak mainannya. Setelah semua mainan adik gue sudah masuk ke dalam keranjang, gue melanjutkan untuk merapikan ruang tamu dan ruang keluarga. Bantal-bantal di sofa yang tidak tertata rapi, gue tata dengan rapi. Taplak meja yang sudah terlihat kotor, gue ganti dengan yang baru. Agar terlihat lebih indah aja sih.

Setelah selesai merapikan barang-barang yang berserakan, gue lanjutkan dengan menyapu ruangan. Pertama, menyapu kamar gue sendiri. Dengan telitinya, gue sapu lantai di kamar. Tak gue biarkan sedikitpun debu yang masih menempel di lantai kamar. Supaya enak dipandang mata sih. Hehe. Setelah kamar, gue lanjutkan untuk menyapu ruang keluarga. Tempat dimana nanti kami semua akan berkumpul. Sama seperti menyapu di kamar, gue sapu lantai di ruang keluarga dengan teliti hingga terlihat bersih. Akhirnya selesai juga.
Saudara-saudara gue dari luar kota pun datang. Kami berkumpul dan saling mengobrol satu sama lain di ruang keluarga. Kehangatan tampak kuat saat seperti ini. Nyokap gue membawa sesuatu dari dalam dapur. Sebuah bungkusan lumayan besar yang bertuliskan Kopiko mini coffee. Yaps, permen kopi favorit keluarga gue menemani kami. Gue ambil satu buah dari dalam bungkusnya, lalu memasukan permen itu ke mulut.


Hmm.. rasa kopi yang mantap dan manisnya juga pas. Permen Kopiko mini coffee ini emang pas banget dimakan saat kumpul-kumpul keluarga gini. Kehangatan jadi makin kental. Ngobrol bareng saudara pun jadi makin asyik. Memang deh, permen Kopiko mini coffee ini permen kopi pertama di Indonesia yang bikin semangat tetap terjaga, mood jadi bagus, dan bikin seger. Yang paling penting, siap setiap saat. Kapan pun kita mau, tinggal robek bungkus permennya, lalu.. lahap! Rasakan deh nikmatnya permen Kopiko mini coffee ini. Enak!

Sabtu, 16 November 2013

SEMPURNA



Kau yang kini bersamaku
Hadir di hari-hariku
Kau bahagiakan setiap detikku


Kebahagiaanku ada dalam diriku. Ketika aku memilihmu aku percaya bahwa kamulah yang akan menggenapi kebahagiaan itu. Bahagia itu pilihan, dan aku memilihmu.

Jika senyum tipis dari bibirmu
Hilang karena air mata
Ku pasti tak bisa
Kan setenang angin yang lembut


Ketika kita saling menggenapi. Maka sejatinya tak ada aku dan kamu, tetapi kita. Senyummu adalah senyumku jua, tangismu adalah tangisku jua.

Kamu sempurna
Tak perlu berubah
Kau bukan malaikat bukan sang dewi
Tapi, ku cinta adanya dirimu


Kita yang saling menggenapi adalah kesempurnaan yang paling hakiki. Kesempurnaan sejatinya adalah penerimaan. Saat aku menerimamu sebagai makhluk Tuhan yang seutuhnya, maka segala kekuranganmu adalah penyempurna ke-manusia-anmu.

Kamu sempurna
Tak perlu berubah
Walau kau tak setenang embun pagi
Tapi, ku cinta adanya dirimu


Karena aku dan kamu hanyalah manusia, maka kesempurnaan yang milik Tuhan itu bukanlah hak kita. Tetaplaplah menjadi kamu sebagaimana seharusnya kamu. Kesempurnaan adalah penerimaan.

Kau sempurnakan setiap detikku

Aku dan Kamu adalah kita. Kurangku dan lebihku, kurangmu dan lebihmu, adalah kita. Kita yang saling menggenapi dalam kesempurnaan cinta yang hakiki. 

Jumat, 25 Oktober 2013

INI TENTANG PENYAIR

Sumber

Pontianak terbuat dari kapuas, khatulistiwa, dan kangen

Seorang penyair tertidur di atas kursi kayu, kursi yang dibuat dari rindu bertahun-tahun

Tak ada ritual mandi pagi, karena sepagi ini dalam mimpinya ia tengah meracik puisi

Sudah akhir bulan, tak ada uang di dompetnya, yang tersisa hanya selembar doa di antara selipan surat-surat hutang,
Ada juga surat dari mantan pacarnya,
juga ada KANGEN yang ditulisnya besar-besar pada kertas bekas Nota

Sang penyair hanya penganggur yang berkantor
Kantornya adalah puisi, gajinya cukup untuk melamun sepanjang hari

16/10/2013 - 06:18

Cinta dan Senja

Jadi ceritanya beberapa hari terakhir gue sempat iseng maduin antara kalimat-kalimat sajak singkat dengan gambar-gambar gitu. Nah ini dia dua gambar yang gue edit tersebut :







SUNGAI BOYAN : Sebuah Memori Masa Kecil


Siapalah itu kapuas? Ah saya lebih kenal Boyan. Boyan itu anaknya kapuas. Bila kau mengayuh ke hulu kapuas maka pastilah akan  kau temukan bahwa kapuas itu bercabang-cabang. Tapi aku takkan lah menyuruh engkau mengayuh. Naik sepit saja kau butuh dua minggu. Kalau mengayuh bisa patah punggungmu.

Sini biar kuceritakan sedikit. Katanya boyan itu dibuat oleh burung. Entah burung apalah yang mematuk tanah hingga menjadi sungai. bilalah burung itu masih ada, akan kutangkap dan kubawa ke NTT sana. Biar sumber air sudekat dan beta sonde terlambat lagi ke school.

Dulu waktu kecil aku suka bermain di Boyan. bila musim kemarau, tinggi air tidak sampai satu meter. Kau bisa menyeberang jalan kaki. Di bagian tengah ada sisa batang kayu yang tumbang. Di sanalah anak-anak berbaris lalu satu persatu melompat. Aku? jangan tanya. Aku pasti tidak ada di sana. Usiaku masih 7 tahun, belum pandailah berenang. Tapi jangan remehkan, aku ini juaranya menyelam. Kalaulah lomba menyelam itu ada medalinya, aku sudah punya 1000 medali di rumah.

Kalau musim hujan jangan sekali-sekali kau coba mandi di boyan. Seekor sapi yang merumput di hulu bisa kau temukan di hilir esok harinya. Kalau hujan turun sepanjang malam maka jadilah banjir seluruh kampung. Rumah-rumah panggung yang tinggi, terkadang tak mampu menanggulangi. air masuk ke rumah hinga 30 senti. Perahu yang biasanya di sungai kini bebas dikayuh di mana saja. anak-anak? jangan tanya. Saat banjir kami menjelma hantu air. Baru pulang saat hari mulai petang. Mata merah, kulit telapak tangan keriput. Kalau tengah tidak beruntung kupingmku juga kadang menjadi merah. Ditarik ibuku yang marah-marah.

Oh ya, aku belum bilang. Sungai Boyan itu adanya di Kapuas Hulu. Aku tak tahu panjangnya. yang aku tahu bila kau membuang bom kuningmu di hulu sana, bisa berhar-hari sampai ke hilirnya.

RINDU DALAM HUJAN



Pontianak kotaku, dibuat dari hujan yang turun sejak sore
Selalu saja begitu, hujan mencipta genangan dan membongkar kenangan

Aroma hujan, aroma tanah basah, aroma rindu, bercampur menjadi satu
Rindu tak selalu soal temu, rindu tak selalu soal hati dan hati yang selalu ingin berjumpa
Rindu adalah diri kita, rindu adalah nyawa. karena kerinduan adalah kehidupan itu sendiri.


URUSAN HATI, URUSAN TUHAN



Karena pertautan hati itu urusan Tuhan, maka siapalah kita hamba yang meminta dipasang-pasangkan

Karena pertautan hati adalah urusan Tuhan, maka siapalah kita yang terus berdoa mendoakan namanya sedangkan 1000 doapun bila bukan jodoh maka sia-sia saja

karena pertautan hati itu urusan Tuhan maka jangan membenci dan menghina seseorang, bisa jadi dia adalah jodohmu kelak.

Karena pertautan hati adalah urusan Tuhan, jadilah diri kita yang terbaik maka Tuhan beri yang baik.

Karena pertautan hati urusan Tuhan yang Maha Tahu, alangkah buruknya bila kita terus sok tahu

(ym)

Rabu, 28 Agustus 2013

SEMANGAT OPTIMIS, INDONESIA MENGINSPIRASI

 
 (Tulisan ini tidak bermaksud menggurui, namun lebih kepada mengingatkan diri sendiri. Apa yang akan saya perbuat untuk bangsa? semoga nanti ketika saya membaca tulisan ini kembali saya jadi ingat bahwa saya pernah berpikir begini)
Apa yang dapat kita lakukan di tengah carut marut bangsa ini?

Bangsa kita tengah diambang kehancuran? benarkah? Tidak! Ini belum apa-apa dibanding saat bapak-bapak bangsa membangun republik ini.

Saat pertama kali berdiri, apakah kita punya sumber daya ekonomi yang baik? apakah kita punya SDM berkualitas? apakah keuangan negara membanggakan? Kita hanya punya sedikit tapi diberdayakan.

Zaman dulu tidak lebih baik dari saat ini, tapi semangat optimis bahwa bangsa akan membaik yang membuat semangat itu tidak padam.

Bayangkan bila soekarno hanya mengeluh, bung hatta hanya galau di twitter (eh belum ada twitter deng), mau jadi apa Indonesia?

Dengan segala keterbatasan mereka membagi semangat optimis, mereka meyakinkan bahwa kita bisa bangkit dan maju.

Lalu sekarang, kita terjebak dalam budaya sok kritis padahal pesimis. Berbagai ide dicetuskan namun dikritisi dengan alasan kebaikan, padahal itu adalah ekspresi ketakutan.

Kita tidakkan pernah tahu sebelum mencoba.

Bila yang lain tak bergerak, mari bergerak sendiri. Jadilah inspirasi. Dari semangat satui orang akan lahir semangat ribuan orang.

Semangat optimis, Indonesia menginspirasi.

Selasa, 27 Agustus 2013

SKETCHBOOK DAN CINTA YANG DIAM




Hujan mulai kembali turun di Pontianak, kotaku yang panas. Udara dingin bertiup pelan melalui celah-celah jendela yang belum tertutup rapat. Ada kenangan yang tiba-tiba bergolak, ada harapan yang juga menggelegak.

Aku membuka halaman-halaman sketchbook-ku yang mulai habis. Memandangi satu persatu gambar-gambar yang pernah kubuat. Ada banyak cerita yang kurekam dalam coretan gambar-gambar yang mungkin hanya aku yang mengerti.

"Kamu suka menggambar?," Tanyamu sambil membetulkan posisi dudukmu. Itu adalah sebuah siang yang panas di Pontianak.

"Iya" Sahutku pelan. Duduk di hadapanmu membuatku sedikit salah tingkah. Sejujurnya aku binngung hendak mengatakan apa.

"Sejak kapan?," Tanyamu lagi. Ini akan menjadi semacam introgasi sepertinya.

"Sejak lama," Sahutku sambil menyedot teh es dari sedotan putih bergaris merah tua.

"Katanya kamu ingin jadi penulis?," Tanyamu lagi.

"Iya" Sahutku lagi. Ah, aku merasa menjadi seorang yang bodoh. Bisa ada di dekatmu adalah keinginanku sejak lama, lalu kenapa saat ini aku hanya bisa mengeluarkan kalimat-kalimat pendek saja?.

"Aku suka gambar-gambarmu" Kamu tersenyum sambil mengaduk batu es yang mulai mencair di gelasmu.

"Aku juga suka gambar-gambarmu" Aku balas memuji. Ini bukan gombal karena aku memang suka gambar-gambarmu. Gambar-gambar yang membuat aku jatuh hati padamu.

BUKU KEVIN MENGGUNCANG DUNIA


Ini posting kedua di malam rabu yang hujan. Di luar angin bertiup kencang dan hujan turun dengan lebat. Di kamarku yang sederhana Iwan Fals nyanyi mulu gak capek-capek. Sungguh mulia sang penemu MP3 yang bikin para musisi bisa nyanyi berkali-kali tanpa kehabisan suara.

Di posting kedua ini saya bakal ngereview sebuah buku yang katanya udah terkenal di kalangan pelajar. Membaca buku ini sangat baik untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam rangka menyambut digunakannya  kurikulum 2013.
Buku gue dicoret-coret nih sama penulisnya. SEBEL

Buku yang saya maksud berjudul "Student Guidebook for Dummies" atau yang oleh penulisnya lebih sering disebut #BukuKevin.

DIARY SEORANG WANITA INDIGO



Masih teringat jelas kali pertama pengalamanku bersinggungan dengan sesuatu yang berasal dari dunia lain. Aku yang masih kecil sedang bermain dekat pohon yang kemudian terkenal angker. Dari gelapnya langit mendung, sesosok wanita terlihat melayang menembus benda-benda, kemudian terbang dan menghilang di atas pohon. Saat itu, aku hanya bisa diam…, bahkan terlalu takut untuk berteriak.
Aku tidak pernah menyangka jika itu hanyalah awal dari banyak kejadian seram lainnya. Semua yang kualami membuatku merasa tidak nyaman. Aku takut mereka menggangguku atau mencelakaiku nanti. Sampai aku menyadari…,
mereka menginginkan sesuatu dariku.

Namaku Ayumi. Keseharianku sebagai orang yang bisa melihat dan berbicara dengan “mereka”, membuatku memiliki dua dunia.
Siang yang indah dan malam yang mencekam.
Semuanya kutuliskan dalam sebuah buku harian…,
My Creepy Diary.


 Beuh!!! Sok sibuk amat saya ampe lama gak ngeblog di blog ini. Sebagai seorang (yang ngakunya) blogger saya ngerasa gagal. Tapi mau gimana lagi, saya sekarang sibuk banget, sibuk bermalas-malasan.

Jadi kali ini gue bakal bikin review singkat tentang sebuah buku yang judulnya "My Creepy Diary".

Kamis, 15 Agustus 2013

Sebuah Cursat (Cerita Singkat)

Ini malam yang dingin dengan suara jangkrik riuh di luar. Saya meletakkan buku yang kubaca di samping tempat tidur. Kupejamkan mata sejenak, siapa tahu terlelap. Ah percuma, sudah lebih dari 6 Bulan ini saya selalu tidur minimal jam 12 malam.

Banyak Hal yang terus mengganggu pikiran. Tentang masa depan yang masih samar-samar, tentang perasaan yang disimpan dan tak disampaikan.

Saya menghirup nafas panjang, aroma kulit jeruk mengisi rongga hidungku sejenak. Entahlah akhir-akhir ini saya merasa semakin tidak produktif. Saya menelantarkan banyak hal. Mau jadi apa saya ini nantinya. Entahlah, masih abu-abu.

Saya selalu berusaha menguatkan hati agar bertahan di jurusan yang salah ini. Tapi apa daya semua menjadi setengah setengah. Saya tidak menemukan diri saya yang dulu lagi.

Banyak mimpi yang saya tulis semakin terlihat mustahil. Lagi-lagi saya menahan nafas, kebetulan saya juga sedang pilek.

Akhir-akhir ini saya sering merasakan nyeri di dada kiri. Saya khawatir menderita penyakit jantung. Hendak diperiksakan, tapi saya khawatir bila itu benar. Lagi-lagi saya takut menerima kenyataan.

"Bagaimana hendak berdetak bersamamu, bila berdetak sendiri aku tak mampu. fa"

Selasa, 13 Agustus 2013

Kepada Hati Itu

Kepada hati itu, aku ingin bicara cinta yang sederhana

Kepada Hati itu, kuingin berbisik tentang cinta apa Adanya

Ini aku dan kebahagiaanku yang adalah kamu

Mencintaimu adalah bahagia tanpa rekayasa

Pontianak, 13-08-2013, 22:32

Senin, 29 Juli 2013

GIPSY DANGER

Sudah lama rasanya gue gak bikin postingan Artwork di blog ini. Nah kali ini gue bakal nunjukin hasil gambar iseg gue tadi malam setelah menonton pasific rim. Iya, gue tahu gue telat kalau nonton sekarang, tuh film udah rame sejak jauh-jauh hari. Tapi gue punya semboyan, Lebih baik telat nonton, daripada pacar telat datang bulan.

Berhubung gue terkesima sama Gipsy Danger, si robot yang jadi pusat cerita dari film ini jadi gue gambar Gipsy Danger deh. “Gipsy Danger” sebuah Jaeger mark 3 asal USA setinggi 79 meter dan berbobot 1.980 ton bertenaga nuklir.

Proses gambarnya sekitar 1 jam dengan menggunakan PaintTool SAI untuk Line Art-nya terus dilanjutin oleh photoshop dalam pewarnannya.

Oke, Check this out!


Thanks yah udah mau liat. ditunggu kritik dan masukannya.

Rabu, 24 Juli 2013

BILA SI JUKI CARI KERJA


Entah kenapa beberapa hari ini gue males banget. Bangun siang mulu, mau ngapa-ngapain juga males. Alasannya bukan karena sedang puasa sih, tapi lebih ke butuh refreshing kayaknya. Mau lanjutin nulis entah kenapa rasa malas bikin ide gak muncul-muncul. Buat bangkitin lagi gairah nulis ya udah gue nulis postingan ini aja.

Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu gue dapa kiriman paket dari bang @fazameonk kreator Si Juki. Isinya berupa paket kaos sama komik terbaru Si Juki Cari Kerja. Lumayan dapat gratisan.

Berhubung rumah gue berada di pinggiran kota dan biasanya kalau nunggu si petugas JNE ngater paket itu bisa ampe 2 mingguan ya udah gue putusin buat ngambil paket langsung ke kantornya. Kampretnya di jalan gue sempat kena razia. Beruntung surat menyurat lengkap, tapi ya namanya polisi ada aja alesan buat bikin kita merogoh kocek. Gue tetap ditilang dengan alasan lampu rem gue gak merah. Sebagai Warga Negara yang baik gue emang nyadar sih itu emang salah. Motor yang gue pake emang bukan motor gue yang biasa. Gue udah ridho kalau ternyata gue harus ikut sidang. Nyatanya si polisi malah minta dua bungkus rokok. Anjir!!! kesel banget gue.Kalau ditilang dan didenda terus uang denda masuk kas negara sih gue ikhlas, lah ini buat kepentingan pribadi. Gue mengelus dada, dadanya maudy ayunda. Eh gak jadi deh, kan bulan puasa. Lagian rata.

Jumat, 19 Juli 2013

Curhat Manusia Dari Langit

Saya bahagia lahir ke dunia dengan ayah dan ibu yang ada, karena kalau tiada lahir dari batulah saya,

Dulu saya lahir dengan kepala bersorban selaput yang entah apa namanya, saya curiga saya ini penghuni langit yang turun ke dunia

Dulu di kayangan saya ini tukang bersih eek kuda, kalau lulus di dunia saya naik pangkat jadi tukang jaga kandang singa

Hidup ini adalah ujian untuk naik tingkatnya saya di kayangan saja. Latarkabunna Thobaqon 'an Thobaq.

Nanti kalau sudah lulus saya akn pulang naik buroq, singgah sebentar di rumahmu biar ku ajak kau ke langit.

Dulu sebelum turun ke bumi saya dikasih pesan. Inna ma'al 'usri yusraa. makanya belajar tenang.

Saya ingin pulang ke langit, tak apalah tetap membersihkan eek kuda. tapi kasian ibu saya, dia itu malaikat saya di bumi.

Hidup ini adalah jalan untuk menaikan derajat kita di langit. Bila gagal bukan saja tak naik derajat, kau juga akan terdepak.  

Kamis, 18 Juli 2013

KEPADAMU FA


Kepadamu fa, ada yang hendak kusampaikan, tapi tidak sekarang
Ini pukul 23.19 di rumahku, hujan baru saja usai dan aroma tanah basah menguap melalui ventilasi udara
Dadaku tiba-tiba hangat, ada rasa takut, takut terlambat
Bagaimanapun juga aku tak ingin kehilangan

Aku tak tahu apakah ini terlalu cepat atau bahkan terlalu lambat
Aku tak pernah menghitung waktu
Yang aku tahu aku diam-diam sering memperhatikanmu, mengagumimu

Adalah hal yang luar biasa bila nanti aku bisa.......
Ah sudahlah, siapalah aku

Mungkin terlalu jauh aku terperangkap dalam pengharapan
Ataukah aku saja yang berharap dan harapan itu tak pernah ada?

Kepadamu fa ada yang hendak kusampaikan tapi tidak sekarang
Bila itu terlambat maka maafkan aku

Selasa, 16 Juli 2013

SATU PER TIGA : THE TUTUY COMPANY BERAKSI

 Eng, apa yang lo pikirkan kalau mendengar judul satu per tiga? buat yang baru denger mungkin bakal mengira gue bakal ngomongin matematika. enggak! sumpah gue gak bakal ngomongin matematika, apalagi jelasin tentang logaritma atau integral.

Postingan gue kali ini mengenai sebuah buku berjudul Satu Per Tiga yang ditulis temen coli  gue si @Kundilisme. kalau lo baru denger namanya ya gue maklum soalnya dia ini emang kurang terkenal, buku pertamanya aja gagal di pasaran. sekalinya laku cuma buat ganjelan pintu. Ya paling tidak buku dia terbit, sedangkan buku gue masuk penerbit aja kagak . duh malah curhat :|. Bang fial, kasihinilah mamon.


Buku satu per tiga gak ada hubungan dengan matematika, kalaupun ada palingan hubungannya dengan materi Diferensial, Itupun cuma bagian SIAL nya doang, Diferen-nya enggak.

TUMBUH


"Pertumbuhan adalah pertambahan volume yang bersifat tidak bisa balik atau disebut ireversibel"

Sejatinya, kehidupan itu terus tumbuh.  Dari bayi menjadi tua renta, dari biji menjadi pohon-pohon raksasa.

Bahwa jiwamu terus tumbuh juga ada benarnya. Bila dulu kamu menangis saat orang tuamu tak membelikan apa yang kamu inginkan dan sekarang kamu mulai memahami bahwa apa yang kamu inginkan tak terlalu kamu butuhkan sesungguhnya dalam jiwamu telah tumbuh rasa pengertian.

Bila dulu kamu memarahi orang tuamu kembali saat ia marah padamu dan kini kamu tahu bahwa marahnya adalah unjuk sayang maka dalam jiwamu telah tumbuh benih kasih sayang.

Bila dulu kamu menghabiskan uangmu untuk senang-senang dan kini kamu sadar bahwa sebagian uangmu adalah milik mereka yang tak berkecukupan, maka dalam dirimu telah tumbuh kepedulian.

Bila dulu kamu takut dan merasa tak mampu berbuat apa-apa dan kini kamu menemukan kemampuanmu dan meyakini bahwa kamu bisa, maka dalam jiwamu telah tumbuh rasa optimis.

Bila dulu kamu merasa bahwa kamu hidup dalam kekurangan dan kini kamu menemukan cara mengatasi keterbatasan dengan kelebihan dalam dirimu maka dalam jiwamu telah tumbuh kreativitas.

Bila dulu kamu berkerja penuh pamrih dan berharap balasan dan kini kamu tak  mengharapkan itu sama sekali maka dalam dirimu teklah tumbuh keikhlasan.

Tumbuh adalah seni kehidupan. Maka kehidupan itu sendiri juga terus tumbuh.



_____________________________________________________________

Gambar di atas dibuat untuk "Weekly Artwork" di Grup Art Blogger Indonesia, sebuah grup blogger yang mewadahi blogger yang suka bikin artwork.  Kamu artworker? gabung di sini

Selasa, 02 Juli 2013

Percakapan Cahaya Bintang dan Lembar Terakhir Sebuah Sketchbook


Ini Pontianak kotaku. Hari sudah malam. Kian sepi rasanya ketika lampu-lampu mulai dimatikan. Tak ada suara kodok seperti biasa, saat hujan sering tahun beberapa bulan yang lalu.

Ini Pontianak yang sepi. Seperti hatiku bertahun-tahun ini.

Masa lalu adalah rantai yang diam-diam terpasang di kakiku. seberapapun aku berusaha melangkah, aku tak bisa berpindah.

Tak tahu kapan, aku merasa ada yang memotong rantaiku diam-diam.

"Kamu tahu kenapa aku memilihmu?," Tanyamu dengan suara pelan. Mungkin kamu takut membangunkan bintang yang sedang tertidur.

Aku menggeleng, tanganku asyik menggambar  helai demi helai rambut di atas lembar terakhir sketchbookku.

"Aku juga tidak tahu," Kamu mengangkat kepala. Matamu memandang milyaran bintang, menangkap sejuta cahaya.  Seluruh cahaya itu terperangkap di matamu.

"Lalu kenapa kau tanyakan kepadaku?," Tanyaku heran.

"Karena mungkin kamu tahu alasan mengapa kamu layak dipilih,"

"Bagaimana bila ternyata aku yang memilihmu? dan kamu hanya mengabulkan pilihanku?. Bukankah berarti kamulah  yang harusnya mencari alasan itu dalam dirimu?," Aku balik bertanya. Kamu merapikan rambutmu yang tertiup angin malam.

"Ah, aku bingung," Kamu menundukkan kepala, menggerakkan kaki mencipta pusaran gelombang. Cahaya bintang itu masih terperangkap di matamu.

"Kenapa haru bingung tentang siapa yang memilih dan mengapa memilih," Ujarku menyelesaikan gambarku. Kamu hanya menoleh sebentar ke arahku, lalu kembali melihat bayangan dirimu di dalam air.

"Kita adalah yang saling dipertemukan, dipilih untuk saling memilih. Kita tak butuh alasan, yang kita butuhkan adalah penerimaan," Aku menarik nafas dalam. Matamu kembali bertatapan dengan mataku. Cahaya di matamu membuatku bisu sejenak.

Aku mencabut lembar terakhir sketchbook-ku dan menyerahkan padamu.

"Ini adalah lembar terakhir dari sketchbook-ku, dan aku ingin kamu menjadi lembar terakhir dari hatiku"




Minggu, 30 Juni 2013

APA KABAR, KAMU



Hai, kamu.....
Apa kabar ? sudahkah lapang hatimu untuk aku singgah
Masih seringkah kau mendendangkan lagu-lagu?
Nyanyikan untukku satu lagu saja.

Ini aku dan ia yang bernama harapan
Sering kami bersama namun tak banyak harapan yang menjadi nyata
Ini aku dan ia yang bernama harapan
Harapan itu kini kusebut sebagai kamu

Lihatlah kertasku yang usang
Penuh bekas air mata yang mengering atas luka masa lalu
Dan kau datang, sebagai tinta yang melukis sktesa-sketsa kehidupan yang baru

Telah lama lahir rasa itu,
Dan kini ia tumbuh besar bagai seorang bayi
Kini ia balita yang belajar merayap
Semoga lekas berdiri

Aku mencintaimu dengan dan tanpa balasan

Rabu, 05 Juni 2013

Kepada Kamu ; Fa

Dari aku yang diam-diam sering melirik dan memperhatikanmu . Tak peduli apapun namanya untuk rasa ini, aku ingin kita bertemu (lagi) - Aku

Aku tak pernah tahu kapan ini dimulai, ini aku yang mengangumimu diam-diam.  Kumenghabiskan banyak malam menunggumu muncul di beranda lalu tersenyum sendirian. Ibu! Bapak! Kirim saja aku ke rumah sakit jiwa.

Aku mengagumi diam-diam, tak ingin merawat harapan. Terlalu banyak harapan yang telah mati, karena harapan yang tinggal harapan pada akhirnya akan mati sendiri.


"Tak peduli diammu menegahi langit, kuhanya ingin baikmu malam ini. Jika ada setitik senyum untuk mimpimu, biarkan dia di pelukmu, meski hanya satu detik" - Moammaremka






Selasa, 04 Juni 2013

Atas Nama Pluto


Atas nama Pluto yang terpenjara dalam sunyi
Ini lagu tanpa lirik tanpa nada, hening saja
Berjalan dalam diam, hatiku bertanya dikau siapa
Menanam benih harap, menyangga impian dalam luka
Kesunyian menciptakan aku dan engkau serta ketiadaan
Dalam sunyi, ini aku dan engkau yang menjadi kita, menjadi kata


ini sepotong hati yang penuh harap
Jangan kau biarkan hancur, ini hatiku yang telah lama berkarat
Jangan kau pergi diam diam, karena aku akan merindukanmu terang-terangan
Bila kau menghilang aku tahu di mana kau bersembunyi, Pluto
Akan kukejar kau naik roket mainan milik anak tetangga
Biarlah dianggap gila, karena padamu aku benar tergila-gila

Dan aku kemudian menjelma hening
Lahir sebagai puisi, sebagai sajak, sebagai Pluto
Sebagai aku, sebagai engkau, sebagai kita, sebagai cinta

Sabtu, 01 Juni 2013

Mengintip Produk "Anyar" Nokia (Nokia 3310)

Kali ini gue bakal bikin review handphone keluaran terbaru dari Nokia.

Setelah berbagai produsen HP menluncurkan produk teranyarnya, Nokia ternyata gak mau kalah. Di lansir oleh Harian Dzegulatoun, Adisababa Ethiophia, Nokia akan segera meluncurkan produk teranyarnya yakni :


NOKIA 3310

Nokia 3310 didesain dengan bentuk yang elegan dan teknologi supercanggih.  Berikut ini beberapa kelebihan Nokia 3310 dibanding Handphone dari produsen lain :

1. Tahan banting
Hal yang paling ngeselin dari handphone sekarang adalah mudah rusak bila jatuh. Berkebalikan dengan itu, Nokia 3310 didesain sebagai handphone tahan banting, Bila handphone merek lain dijatuhkan ke ubin layarnya akan pecah, bila Nokia 3310 dijatuhkan ke lantai, ubinnya yang pecah.

Perbandingan iPhone dan Nokia 3310

Jumat, 31 Mei 2013

6 TIPS DAN TRIK AGAR GANTENG MEMBAHANA CETAR ULALA


Duh, judulnya Alay. jadi malu. Tapi ak papa, Keep Calm and Ganteng!

Selamat datang orang-orang jelek. karena misalnya lo udah ganteng gak mungkinlah tertarik baca postingan ini.
Gue sering banget dibuly gara-gara wajah gue gak ganteng. Tapi gue gak peduli, karena yang bilang gue gak ganteng hanyalah orang-orang yang iri. Jadi gini sob. Tingkat kegantengan itu ada hancur, jelek, biasa aja, ganteng, ganteng banget, dan terakhir abstrak. Nah muka gue ada di level abstrak, artinya gue lebih ganteng daripada yang sangat ganteng. Gimana? Paham? Gue aja enggak.

Kali ini gue bakal bagi-bagi tips yang kerem biar lo punya wajah ganteng kayak gue Zayn Malik.


1. Rajinlah Mencuci Muka

Kebanyakan cowok paling malas mencuci muka, inilah yang menyebabkan wajah lo jadi berminyak dan jerawatan. Ada baiknya juga sih, semakin wajah lo berminyak maka semakin sedikit uang yang harus lo keluarin buat beli minyak goreng. Lo bisa menghemat uang belanja tapi beresiko tidak ganteng.


2. Makanlah makanan yang sehat

Cowok kalau udah makan tujuannya hanya satu, kenyang. Gak peduli  yang dimakan yang penting hasrat ingin makannya terpenuhi. ya, gue juga sama. seandainya makan temen juga mengenyangkan mungkin gue bakal memilih melakukan itu untuk penghematan uang bulanan.
Untuk makanan sehat harusnya lo makan makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna. Kalau terlalu mahal carilah makanan yang di dalamnya mengandung makanan 4 sehat 5 sempurna. Makan Ade Rai contohnya.

AKU MELIHAT CAHAYA PADA DIRIMU


Ini pagi dengan jutaan kunang-kunang menjelma bola raksasa yang mengaku bernama matahari
Ini pagi dengan sejuta harapan yang kusebut "kamu"

Yang kusebut cahaya adalah kamu, sedangkan gelapku adalah rindu
Merindukan kenangan, terperangkap dalam luka
Maka kutinggalkan masa lalu yang pahit bagai kopi tanpa senyummu

Yang kusebut cahaya adalah kamu, dan aku melihatmu
Di bawah cahaya jutaan kunang-kunang yang menjelma bola raksasa yang mengaku bernama matahari
Biarlah harapan ini terus tumbuh, jangan kau biarkan mati sendiri
And at last I see the light
And it's like the fog has lifted
And at last I see the light
And it's like the sky is new
And it's warm and real and brigh
And the world has somehow shifted
All at once everything looks different
Now that I see you

Dan aku melihat sejuta kunang-kunang menjadi engkau
Menjadi cahaya yang kusebut "kamu"
Jadilah terang dan aku akan di sini
Dalam cahayamu yang sejuk kumerafal doa
Ini aku, dan kau tetap menjadi cahaya, semoga

Minggu, 26 Mei 2013

Artwork : Wanita itu sedang sendiri

"

Wanita itu sedang sendiri, oh tidak
Kata pak Ustadz ada malaikat dikanan dan setan di kirinya

Wanita itu sedang sendiri, iya secara kasat mata
Tentang hatinya siapalah aku ini

Anak-anak hujan berlari meningalkan ibu awan
Memeluk bumi dengan pelukan tersejuk
Aroma tanah yang basah dan air yang menggenang
Ah, ini ibu pertiwi
Ibu, aku sendiri

Wanita itu sedang sendiri atau entah aku yang sendirian
Butuh teman

Sabtu, 25 Mei 2013

APA SAJA, INI APA


Aku tak tahu bagaimana hujan itu tiba-tiba berhenti,
Saat melihatmu aku tahu kau berbeda.

Aku bukan pujangga, rahimku belum siap untuk hamil puisi
Aku punya jemari yang hanya bisa mengetikkan namamu saja

Fa, aku tak tahu ini apa namanya
Bila melihatmu aku sering tersenyum sendiri, sungguh
Aku tak bohong, kalau gak percaya, ya..... percayalah
Jangan kau belah dadaku, pasti sakit.

Sejak lama, ya sejak lama
Sejak lama malam itu gelap, siang itu cerah
Sejak lama, ya sejak lama

Aku duduk, dan kata-kata mencium bibirku
Ah,,, mereka berbisik ke telingaku.
Kamu tahu ?
Kamu mau tahu juga tak akan aku beri tahu
Kami bercakap banyak, dan itu rahasia
Ssst!!!!

Aku rebah di atas kerikil jalanan. Burung gagak menggantungkan senja di pohon-pohon tua.
Ia pecinta yang sering terlambat.

Rabu, 22 Mei 2013

CATATAN USIA


malam ini saya tiba-tiba pegen nulis di blog tentang diri saya. entahlah, kalau gak suka postingan curhat silahkan tutup klik tanda "x" di pojok kanan atas  sekarang.

20 tahun lalu, 23 Mei 1993 saya lahir di sebuah kampung kecil di Kapuas Hulu sebuah kabupaten di hulu sungai Kapuas, Kalimantan Barat. Tak penting, saya hanya ingi mengatakan bahwa saya hanyalah anak kampung yang sampai saat ini masih kampungan. saya bukan siapa-siapa sampai hari ini.

Besok, 23 Mei 2013 saya akan berusia 20 tahun.

Akhir-akhir ini entah kenapa usia menjadi sesuatu yang selalu saya pikirkan. Setiap pulang dari kampus, pikiran saya selalu melayang-layang flashback ke masa-masa yang pernah saya lalui. apa yang pernah saya perbuat? tidak ada. selama ini saya adalah pemalas, penunda, dan pemimpi. ya pemimpi yang terlalu banyak bermimpi dan tak pernah mencapai mimpinya.

Hidup itu pelajaran, tak ada yang sia-sia. termasuk saat kau melakukan kesalahan.

Minggu, 19 Mei 2013

SIALAN SALMAN!!!


"Sialan!!!!," itu adalah kata yang tiba-tiba terlepas dari mulut gue pas baca buku yang berjudul "Sialan Salman" ini. gimana engak nyebelin, buku yang ditulis Salman Aditya ini penuh makna tapi dilengkapi punchline yang menggelitik. kita diayun pelan-pelan terus dihempaskan dalam tawa yang meledak.

kenapa gue review buku ini karena buku ini unik. biasanya saya membaca buku komedi dengan bahasa "elo" "gue" yang sangat jakartasentris. beda dengan buku komedi pada umumnya, Sialan Salman disajikan dengan Bahasa Indonesia, namun kita tepat bisa menangkap komedinya. sunguh luar biasa.

Kisah-kisah di dalam bukunya sebenarnya sederhana, tentang MOS di masa SMA. Cara menyajikan yang asyik membuat buku ini begitu menarik. ada tawa yang meledak, ada pula renungan yang tiba-tiba membuat kita jadi melow. Sialan!!!!!

Membaca buku ini membuat gue sadar. sebenarnya untuk menulis kita tak butuh pengalaman luar biasa. tak perlu punya kisah heroik seperti laskar pelangi. ingat aja pengalaman yang udah lewat, kemas ulang. maka jadilah cerita yang menarik.

Komedi itu gak harus mengada-ngada karena sebenarnya hidup kita dipenuhi komedi. ya walaupun dalam buku ini ada beberapa bagian yang lucunya lebay hingga jadi garing tapi masih bisa dimaklumi karena masih banyak buku yang dilucu-lucuin, bikin ketawa tapi gak bermakna.

Komedi pakai hati, inilah yang gue lihat dari SIALAN SALMAN. saat kau tertawa itu berarti kau sedang menertawakan diri sendiri. Karena walau tak saa ceritanya, kita semua pernah melewati masa SMA dan melalui pergumulan batin seperti dalam cerita.

HEI SALMAN!!! LO SIALAN!!!

Senin, 13 Mei 2013

DEAR PUTRI, DEAR ME




Selamat pagi putri, maafkan aku yang melewatkan sarapan pagi buatanmu. Kau tahu, di Jakarta, harimu dimulai saat shubuh. Tidak bergegas berarti tertinggal.pagimu mungkin tak dibuat lagi dari secangkir kopidan obrlan hangat di teras rumah. Itu yang kublang padamubeberapa tahun lalu. Kamu tidak bergeming dan mukamu penuh tanda tana. Mempertanyakan mengapa remeh temeh “pagi hari” ini begitu penting. Kulanjutkan, pagimu adalah derap langkah dan satu gengam semangat. Kamu bisa simpan di tanganmu atau di tas punggungmu. Genggam semangatku adalah siluetmu menunggu di depan pintu rumah. Tidak hanya kugantungkan 5 cm di depanku, tapi kususupkan di setiap pikiran menyerah atau lelah mendera. Sampai ketemu di maghrib, atau malam nanti. Kopiku, seperti biasa, tanpa gula. Kamu tahukan?

Aku tahu, betapa kepergianmu di shubuh hari adalah untuk diriku.aku tahu bahwa secangkir kopi yang tak sempat kau teguk sangat ingin kau nikmati sambil mengobrol bersamaku. Aku juga tahu bahwa sebelum pergi kau sempat mengoleskan selai coklat pada roti untuk kau suapkan padaku. Ah, aku tahu kau tak ingin semua ini terjadi.

Setiap  kau melangkah, aku selalu meyakini bahwa kau  tak pernah meninggalkanku sendiri. ada cintamu yang menemaniku, ada semangat yang aku kirim bersama derap sepatu yang ku semir pagi-pagi sekali.

di kala senja, di kala langit menjingga. aku duduk di beranda, menunggu derap langkahmu yang tegap. bila suara itu terdengar kepalaku akan terdongak dan melihatmu datang dengan senyuman hangat. walau kutahu hari-harimu tak selalu hangat.

Kusajikan padamu, kopi seperti yang kau pesan. seperti biasa tanpa gula.

Bahkan yang pahitpun akan tetap manis bila kita teguk bersama. mari meneguk kopi dari cangkir kehidupan.

 

Kamis, 09 Mei 2013

HUWALA

oke, lama banget gue gak ngudpate blog gue yang isinya kayak es campur ini. sebagai (yang katanya) blogger gue ngerasa berdosa banget sama paramamon pembaca blog gue.

Semester ini gue lebih sibuk daripada semester yang lalu. gue mulai ngelakuin banyak hal mulai dari ikut proyek sana-sini ampe bikin olshop. yah namanya juga usaha.

kadang gue mikir, masak sih gue gak bisa ngupdate blog seminggu sekali. Gue udah niatin banget, tapi sayangnya hanya niat doang. Padahal, dari blog ini gue awalnya kenal banyak orang hebat. dari blog ini gue bisa gabung di tim suksesnya si juki, karakter komik Indonesia yang Huwala!!!!

Ngomongin Huwala, para follower @jukihoki lagi pada bingung gak ngerti apa arti Huwala.  sini biar gue jelasin

HUWALA hanyalah kata-kata karangan juki doang ga ada artinya. kata Juki sih, jangan diartiin tapi dirasain, Yaelahhh!!!!. intinya kata Huwala dipakai untuk hal positif seperti cantik, keren, suka, dan lain-lain. misalnya "Eh Lu Huwala banget sih!," atau "aku huwala kamu".

Kebalikan Huwala yaitu HUWALAHUMBA. nah ini untuk hal negatif. ekpresi kesedihan, marah, dan lain sebagainya. bisa dipakai mennggantika kata kasihan, sial dan lain-lain. misalnya "Kamu Huwalahumba".

Mungkin cukup yah posting pendek buat para follower juki yang gue yakin pada penasaran sama arti huwalahumba dan huwala.

Semoga bermanfaat.

Salam, Mamon.

Minggu, 21 April 2013

SEPOTONG CINTA DARI JOGJA





Jogjakarta, kota istimewa dengan kamu yang istimewa.

“Bolehkah aku menjadi bintang di hatimu?”. Kamu mengangguk. Ini malam yang menyenangkan di bukit bintang. Cahaya bertaburan di langit dan di bumi, ribuan bintang memamerkan cahaya bersaing dengan lampu jalanan jogja yang kemilauan.

Seminggu lalu kita berjumpa di Malioboro yang panas. Kamu adalah seorang gadis yang belanjaanya terjatuh dan aku adalah orang yang membantu membereskannya. Seperti di FTV saja, tangan kita bersentuhan lalu saling berpandangan. Aku tersenyum dan kamu tersenyum. 

“Aku Giar,”. “Aku Asa”. Dari sanalah semua bermula, lalu kita berjalan bersama menyusuri trotoar di bawah matahari kota jogja.

Dua hari kemudian kita berjanji untuk bertemu di Vito Cafe. Saat aku datang kamu telah menungguku disana.

“Aku telat ya?,” Tanyaku kemudian duduk di kursi kosong di depanmu. Kamu mengenakan gaun merah dan aku dengan kemeja hitamku, matching dengan warna hitam dan merah yang mendominasi Vito Cafe.

“Tidak, akunya aja yang datang kecepetan. Mungkin terlalu bersemangat ingin bertemu kamu,”. Kalimat ini bahkan sudah cukup mampu membuat aku ingi meloncat kegirangan. 

“Ah kamu bisa saja, kelihatan sekali gombalnya. Padahal kita baru kenalan lo,”. Ujarku seolah-olah aku tidak terkejut dengan kalimat yang kamu ucapkan tadi.

“Memangnya cinta kenal waktu?,” kamu menyerang jantungku sekali lagi. Jantungku berdegub kencang. Seorang pelayan datang dengan secangkir Hot Chocolate dan secangkir Vito Cofe Ice.