Selasa, 16 Juli 2013

TUMBUH


"Pertumbuhan adalah pertambahan volume yang bersifat tidak bisa balik atau disebut ireversibel"

Sejatinya, kehidupan itu terus tumbuh.  Dari bayi menjadi tua renta, dari biji menjadi pohon-pohon raksasa.

Bahwa jiwamu terus tumbuh juga ada benarnya. Bila dulu kamu menangis saat orang tuamu tak membelikan apa yang kamu inginkan dan sekarang kamu mulai memahami bahwa apa yang kamu inginkan tak terlalu kamu butuhkan sesungguhnya dalam jiwamu telah tumbuh rasa pengertian.

Bila dulu kamu memarahi orang tuamu kembali saat ia marah padamu dan kini kamu tahu bahwa marahnya adalah unjuk sayang maka dalam jiwamu telah tumbuh benih kasih sayang.

Bila dulu kamu menghabiskan uangmu untuk senang-senang dan kini kamu sadar bahwa sebagian uangmu adalah milik mereka yang tak berkecukupan, maka dalam dirimu telah tumbuh kepedulian.

Bila dulu kamu takut dan merasa tak mampu berbuat apa-apa dan kini kamu menemukan kemampuanmu dan meyakini bahwa kamu bisa, maka dalam jiwamu telah tumbuh rasa optimis.

Bila dulu kamu merasa bahwa kamu hidup dalam kekurangan dan kini kamu menemukan cara mengatasi keterbatasan dengan kelebihan dalam dirimu maka dalam jiwamu telah tumbuh kreativitas.

Bila dulu kamu berkerja penuh pamrih dan berharap balasan dan kini kamu tak  mengharapkan itu sama sekali maka dalam dirimu teklah tumbuh keikhlasan.

Tumbuh adalah seni kehidupan. Maka kehidupan itu sendiri juga terus tumbuh.



_____________________________________________________________

Gambar di atas dibuat untuk "Weekly Artwork" di Grup Art Blogger Indonesia, sebuah grup blogger yang mewadahi blogger yang suka bikin artwork.  Kamu artworker? gabung di sini

0 Komendang: