Minggu, 19 Mei 2013

SIALAN SALMAN!!!


"Sialan!!!!," itu adalah kata yang tiba-tiba terlepas dari mulut gue pas baca buku yang berjudul "Sialan Salman" ini. gimana engak nyebelin, buku yang ditulis Salman Aditya ini penuh makna tapi dilengkapi punchline yang menggelitik. kita diayun pelan-pelan terus dihempaskan dalam tawa yang meledak.

kenapa gue review buku ini karena buku ini unik. biasanya saya membaca buku komedi dengan bahasa "elo" "gue" yang sangat jakartasentris. beda dengan buku komedi pada umumnya, Sialan Salman disajikan dengan Bahasa Indonesia, namun kita tepat bisa menangkap komedinya. sunguh luar biasa.

Kisah-kisah di dalam bukunya sebenarnya sederhana, tentang MOS di masa SMA. Cara menyajikan yang asyik membuat buku ini begitu menarik. ada tawa yang meledak, ada pula renungan yang tiba-tiba membuat kita jadi melow. Sialan!!!!!

Membaca buku ini membuat gue sadar. sebenarnya untuk menulis kita tak butuh pengalaman luar biasa. tak perlu punya kisah heroik seperti laskar pelangi. ingat aja pengalaman yang udah lewat, kemas ulang. maka jadilah cerita yang menarik.

Komedi itu gak harus mengada-ngada karena sebenarnya hidup kita dipenuhi komedi. ya walaupun dalam buku ini ada beberapa bagian yang lucunya lebay hingga jadi garing tapi masih bisa dimaklumi karena masih banyak buku yang dilucu-lucuin, bikin ketawa tapi gak bermakna.

Komedi pakai hati, inilah yang gue lihat dari SIALAN SALMAN. saat kau tertawa itu berarti kau sedang menertawakan diri sendiri. Karena walau tak saa ceritanya, kita semua pernah melewati masa SMA dan melalui pergumulan batin seperti dalam cerita.

HEI SALMAN!!! LO SIALAN!!!

3 Komendang:

Rido Arbain BALAS MON!!! mengatakan...

Rekomen kan, Mon? Mo beli ah~

Rakyan Widhowati Tanjung BALAS MON!!! mengatakan...

jadi pngen baca, nanti bisa nostalgia pas awal2 kelas 1 dong. hehe

sodim hidroksida BALAS MON!!! mengatakan...

terseret deh. gag ngecewain to mon?