Kamis, 08 Maret 2012

Mesin Ketik Itu Sebuah Kenangan

Mesin Ketik : Seperti pahlawan, ia sering terlupakan

Aku tiba-tiba tersentak. Sebuah benda menarik perhatianku. Di pojok dapur, di antara barang-barang yang sudah lama tak terpakai. Aku tertegun sejenak, sepertinya aku mengenalnya. Kupegang dengan kedua tanganku, sedikit berat. Kuusir debu debu, kuselamatkan dia dari tumpukan itu. Aku sangat mengenalnya, sebuah mesin tik tua.  Dulu, saat komputer belum menyerbu desa desa dan dusun dusun, ia adalah primadona. kini, saat teknologi kian maju, ia tersingkirkan. 

TypeWriter Artwork (Sumber)

Aku masih ingat, dulu waktu aku masih kecil. Di kampung nun jauh di hulu sungai Kapuas, barang inilah yang menemani tidur malamku. Suaranya yang khas, selalu terdengar setiap malam hingga larut. Bapak yang seorang guru adalah sahabat setianya. Bermacam macam surat dihasilkannya. Surat Pengantar, Surat Keterangan, Surat Undangan, Pengumuman hinggau Surat Usulan Pindah Mengajar yang membuatku berada di sini sekarang, Kota Pontianak.

Kenangan itu hanya secuil dari segala yang telah kami lewati bersama. Aku masih ingat, saat itu aku kelas 3 SD. Aku benar benar sangat ingin mencoba mengetik dengan mesin ketik. Bapak selalu melarangku, tapi aku bersikeras. Bapak bilang takut Mesin Tiknya rusak. Aku tetap bersikeras, aku mogok makan. bapak kasihan padaku, maka dipinjamkannya pusakanya itu padaku. Aku gemetar, menghadapi mesin ketik dan selembar kertas di hadapanku. Perlahan kutekan satu persatu huruf merangkai beberapa kalimat. Kadang aku sibuk mencari huruf yang hendak kutekan, bahkan aku butuh satu menit untuk menemukan dimana aku harus menekan huruf "Z". Waktu itu aku mengetik menyalin dari buku pelajaranku. Dua jam aku bergumul dengan benda keramat itu, akhirnya selesai. Besoknya dengan banga kutempel hasil ketikanku di dinding kelas. Aku benar benar bangga. Mungkin nun jauh di sana anak sebayaku mulai mengenal komputer, tapi buatku sebuah mesin ketik sudah cukup membuatku bahagia.

Aku tak punya kamera yang cukup bagus untuk menampilkannya fhotonya malam ini, cahayanya tidak bagus. Mungkin sutu saat nanti akan kutampilkan fhotonya dengan ceritaku yang lain. 

Aku pamit dulu, hendak membersihkan debu debu dari mesin ketik itu. 

17 Komendang:

Alvi Syahrin BALAS MON!!! mengatakan...

Suka sekali dengan gaya menulismu di postingan ini. Lembut. :)

Meskipun udah punya komp, selalu penasaran ngetik pake mesin tik. :)

Nur Muchamad BALAS MON!!! mengatakan...

wuuuuih, kece bener itu art mesin tik-nya :D

hhahahahaa, jadi inget dulu suka maenan mesin tik yg sebenrnya pinjeman :P

Annisa Solikha BALAS MON!!! mengatakan...

wih udah lama banget gak ngeliat barang gituan, udah langka sih. Rawat baik2 tuh biar tetep antik dan kece mesin tiknya :3

Ade Ine Imansary BALAS MON!!! mengatakan...

Waaah . Kami masi pake mesin tik loh sampe skarang..
nulis jurnal atau laporan praktikum di kampus ..

Faizal Indra kusuma BALAS MON!!! mengatakan...

ehhh ada PR untukmu mohon di check yah di blogku. makasuh sebelum dan sesudahnya^^ tapi itu juga kalo kamu mau jawab sihhh. Tpi, kalo ga juga ga apa-apa.^^

Ca Ya BALAS MON!!! mengatakan...

wah,,msi ada ya mesin tiknya??
jd pgn ketik ketik lg :)

daney BALAS MON!!! mengatakan...

bener banget tuh,,
gue trakhir pengang mesin ketik itu kelas 5 SD..
keren mon....eh ada elu del, kemana aja lu mon..muklis nungguintuh di pos ronda,,

ma'af salah teknis..
:P

dweedy BALAS MON!!! mengatakan...

Ah jadi ingat Abah ku dan mesin ketiknya u.u Dulu aku selalu menemaninya begadang ketika ia mengetik entah apa di mesin ketik kesayangannya. Tak jarang aku tertidur disampingnya, terbuai suara mesin ketik yang berbunyi monoton, tik... tik... tik...

Syifa Azz BALAS MON!!! mengatakan...

aduuh nostalgila banget :D
waktu kecil aku juga demen banget maenin mesin tik di sekolah mamah. seru deh.. jadi kangen..

Nurmayanti Zain BALAS MON!!! mengatakan...

pas maba, masih harus pake mesin ketik loh --"

Claude C Kenni BALAS MON!!! mengatakan...

Maenan gua waktu kecil tuh...susah makenya, tapi seru, kerasa perjuangannya, hahaha

...Uzay Gingsull... BALAS MON!!! mengatakan...

wah udah lama banget bangke nya aja udah kaga pernah gw liat tuh barang..

Bintang Dandelion - Widie BALAS MON!!! mengatakan...

jadi ingat dulu suka gangguin kakak waktu dia ngetik skripsinya pake mesin tik :)

Irvina BALAS MON!!! mengatakan...

ga kuat deh kalo disuruh ngetik pake tuh alat -_-

dunia kecil indi BALAS MON!!! mengatakan...

masih bisa dipakai gak, mamon? memang ya, sedih juga lihat benda2 yg terlupakan dimakan jaman.. di rumahku juga ada laser disc dan vcd player yg jarang dipakai :')

Mamon BALAS MON!!! mengatakan...

@dunia kecil indi waktu dicobain, ternyata ada yang bermasalah. maklum udah lama gak dipakai. Tapi mau dibetulin. menyimpan kenangan sih

Vika Etiana BALAS MON!!! mengatakan...

suka sama postingannya :D
dan selalu suka sama artworknya :D