Rabu, 11 April 2012

MAHASISWA 1 MIMPI, NEGERI 5 MENARA


Kali ini gue mau share sedikit tentang acara Meet and Greet bareng 2 pemain Negeri 5 Menara dan sang penulis novel best seller N5M bang  Ahmad Fuadi.

Jadi sebenernya gue udah lama sih suka ama tulisan bang Fuadi. Waktu itu guelihat dia pertama kali sebuah acara di salah satu stasiun TV. Waktu itu N5M belum terlalu booming. Nah acara itu negbahas tentang N5M, gue mah waktu itu gak terlalu peduli soalnya lagi asyik smsan, Waktu itu gue punya pacar, gak jomblo kayak sekarang, kok malah curhat ini. Kembali ke cerita. Di acar itu kemudian ditampilin fhoto fhoto lama bang fuadi waktu di pondok, nah gue mulia tertarik ini. Ternyata si penulis itu dari pondok, gue lempar Hape terus mantengin acara itu. di situ deh gue tahu tentang Negeri 5 Menara.

Besoknya gue usaha deh cari Novel N5M, ini novel kedua yang gue buru setelah Laskar Pelangi. Entah kenapa untuk novel  best seller gue selalu telat, stock di Gramedia Pontianak sudah habis. Gue perlu nunggu 2 minggu sampai datang lagi. Gue musti sabar.


Dua minggu berlalu dan N5M udah ditangan, ini sesuatu banget buat gue. Jam 3 sore gue dapat buku dan gue abisin sebelum maghrib. Yupz, gue kalo udah baca buyku bagus pasti lupa ngapa ngapain. Kebiasaan ini berawal sejak gue kelas I SD. Dulu waktu bapak masih tugas di kampung di Kapuas Hulu sana gue tiap hari pasti baca buku. Kenapa? FYI aja, di sana kalo siang listrik gak nyala, listrik nyalanya dari pukul 17.00 – 06.00 . jadi buat gue yang gak doyan main sama anak-anak lain, buku adalah sahabat gue. Tiap hari, sekitar pukul 12 gue nyambar kunci sekolah dari gantungannya. Rumah kami adalah rumah guru, jadi jarak rumah dan sekolah Cuma 2 meter, dan kebetulan kunci sekolah di simpan di rumah. Sekolah gue waktu itu gak ada perpistakaan, semua buku di simpan di satu lemari di kantor. Nah di kantorlah gue baca buku, sambil tengkurap, telentang, kadang juga shuffle atau baca dengan posisi lilin. Dalam satu hari gue bisa baca ampe 3 buku setebal 40-50 halaman, dan gue waktu itu adalah anak kelas I SD.  Anehnya, saat pindah ke pontianak, hubungan gue ama buku menjadi kurang harmonis. Di sini gue mulai pindah ke lain hati. Gue mulai menjadi TV maniac, dan hampir gak pernah baca buku. Kalupun baca buku, paling buku pelajaran, dan itu kalau menjelang ulangan atau ujian.

Pertamakali gue tertarik sama buku lagi adalah saat gue mengenal Laskar Pelangi, dan sejak itu gue memutuskan rujuk dengan buku.

Kembali ke Negeri 5 Menara.

Dua minggu lalu gue baca pamflet bahwa akan ada Seminar dengan pembicara Ahmad Fuadi tanggal 13 april nanti. Gue galau. Karena tanggal 13 itu hari Jum’at dan pada hari yang sama dan jam yang sama gue ada praktikum di kampus. Sekali gak ikut praktikum artinya gue gak boleh ikut responsi. Responsi itu setara dengan UAS, artinya kalo gue gak ikut responsi otomatis gue gak lulus. Di sisi lain, kapan lagi gue bisa ketemu sama Ahmad Fuadi, salah seorang yang menjadi motivator gue dalam menulis.

Tuhan berkata lain, di malam minggu, saat gue yang jomblo ini sedang mesar-mesranya dengan twiter gue gue dapat info kalo Bang fuadi mau ada Meet and Greet di Gramedia Ayani Mega Mall Pontianak. Sekali lagi gue harus galau. Hari seninnya, gue harus ngumpulin 4 laporan prkatikum, sedangkan gue belum nyelesein satupun. Dengan pasti gue milih akan tetep datang di acara itu.  Paginya, gue ngebut ngerjein satu laporan, dari jam 06.00 – 12.00. Saking semangatnya gue udah di Gramedia sejak pukul 14.00 padahal acaranya baru mulai 16.00. Jadi dua jam gue Cuma mondar mandir kayak setrikaan di Gramedia.

Pukul 15.30 masuk segerombolan ABG yang di jidatnya masih tertulis “Labil”. Mereka bergerombolan di depan salah satu rak buku sambil cekikikan gajelas gitu. Pemandangan yang biasa. Gue mulai ambil posisi duduk, gue harus dapat posisi di depan. Selang beberapa saat gue duduk, mereka yang cekikian tiba tiba duduk  juga di samping gue. Saat itulah gue dapat nguping kalo yang datang bukan hanya bang Fuadi tapi juga 2 pemain Film N5M. Beberapa menit kemudian dengan satu aba-aba yang entah datang darimana  segerombolan nyi nyai ini tiba tiba berhamburan keluar, persis kayak ELF nyambut suju, Smashblast nyambut SM*SH, Twibi nyambut Cherrybelle, dan kuli bangunan menyambut bos yangmau bagi bagi gaji. Kayaknya, mereka yang ditunggu tunggu sudah datang. Selang beberapa menit mereka kembali ke tempat semula, kuping gue mulai panas lagi. Berasa, sedang nempelin kuping ke knalpot bajaj. Entah suara bajaj itukayak apa, gue juga gak tahu. Sekalipun gue gak pernah ketemu bajaj.

Acara  kemudian di buka, yang ditunggu-tunggu akhirnya menempatiu kursi kursi yang telah di sediakan. Histeris, semakin histeris.   Acara diiisi dengan talk show dan pemuatan Thriller film N5m. Jujur sih gue belum pernah nonton film ini, soalnya slelau sibuk dengan kegiatan kampus. Padahal kami satu kelas  pengen nonton film ini bareng . Gue sempet juga lho doodling gitu bikin bang fuadi versi kartun ala mamon gitu, tapi entah kenapa tangan gue gemeteran banget. Gue gak bisa bikin garis rapi, dan akhirnya gue gagal.
Oh ya, gue juga akhirnya bisa tanya tanya langsung ke bang Fuadi. Sama kayak  saat doodling, gue pedang mic gemetran abis. Sejak awal gue nyimpan 5 pertanyaan dalam otak gue, tapi pas mau nanya gue Cuma ngajuin 2 pertanyaan dan tidak satupun dari yang 5 out ditanyakan. Gue NgeBlank. Kebayang deh kalo gue ketemunya ama anisa chibi, jangan jangan adanya gue malah mematung sambil  mimisan. Cacat.
Jam berapa bang?

Lirik kanan ah, ada yang cakep euy

Kembaran gue nih!!!

Diakhir acara gue sempet fhoto bareng dan minta tanda tangan di novel gue. Gue yang gue beli sejak 2010 itu kondisinya emang masih mulus, hanya saja ada beberapa lembar yang mulai lepas. Sayang banget.
Penulis dan TIGA pemain film Negeri5Menara

Hari sudah sore banget dan ada 3 laporan yang musti diselesaikan, hari hujan. Gue pulang ujan ujanan, dan berakhir dengan pilek. Gak elit banget ya.

Malamnya dengan sukses gue berhasil nyelesein 3 laporan yang belum kelar. Man Jadda Wajada. Siapa yang sungguh-sungguh pasti bisa.

free download ebook dan film negeri 5 menara ranah 3 warna

6 Komendang:

Vye Riansyah HR BALAS MON!!! mengatakan...

wah semangat bgt mau meet and great nya,,ehehehe

diniehz BALAS MON!!! mengatakan...

Kenal sama Firda Niswatul Ulya Putri donk? Kemaren saya juga diundang sama dia untuk ikutan acara ini. Sayang sekali tak bisa hadir :)

Syifa Azz BALAS MON!!! mengatakan...

gue juga demen banget sama ni novel. bikin gue semangat lagi.
man jadda wajada, man shabara zhafira :)
suka juga sama statement lu mon, buku adalah sahabat gue :D

awal BALAS MON!!! mengatakan...

NOvelnya memang inspiratif banget..

Tapi aku belum sempet nontonnya...
cuma udah liat treler-nya ^_^

epic akbar BALAS MON!!! mengatakan...

Apa!!!?!?!?!? #cuzzz mimisannnn #kedep2

tammizious BALAS MON!!! mengatakan...

Wajah Yang Tertukar??? LOL.. sialll haha