Senin, 06 Februari 2012

DI SANA SAYA BELAJAR

Ini tentang rumah. Ini tentang sebuah kepulangan. Ini tentang menemukan kebahagiaan.

Lima hari yang lalu, tepatnya tanggal 1 sampai 5 februari 2012. saya mengikuti kegiatan PKM dari Organisasi Kampus.  Di sini saya tidak akan bercerita tentang apa yang saya lakukan di sana, tapi apa yang saya dapatkan setelah saya pulang.

PKM dilaksanakan di kota Mempawah,  70 km dari kota Pontianak. Selama di sana kami tinggal di Mess PGRI, tempatnya lumayan nyaman. hanya saja kami punya sedikit permasalahan dengan air. Air hanya mengalir dari pukul 05.00 - 17.00 dan tidak mengalir ke kamar mandi yang ada di kamar. Upz!!! Bukan mengeluh lho, ini belum selesai.
Mess PGRI Mempawah - Rumah kebahagiaan

Kurangnya air membuat kami kesulitan untuk urusan mandi, untuk peserta laki laki yang hanya berjumlah 6 orang kesulitan tidak begitu terasa, tapi untuk 23 orang peserta cewek, ini benar benar membuat mnereka harus rela mandi bergilir. artinya bagi yang pagi udah mandi, sorenya mereka tidak mandi. dan begitu sebaliknya.



Sekali lagi, ini bukan sebuah keluhan. Karena dengan semua itu kami belajar banyak, kami belajar tentang kebersamaan, pengorbanan, kekompakan, dan menemukan apa itu kebahagiaan.


Di sana saya belajar bahwa dalam setiap kesusahan, akan ada kebahagiaan bila kita menikmatinya dan berusaha sabar.

Di sana saya belajar bahwa kebahagiaan tidak harus berhubungan dengan kepuasan diri kita tapi lebih pada kebahagiaan orang lain. "Saya bahagia bila teman teman bisa mandi, walau harus berlelah mengangkut air untuk mereka"

Di sana saya belajar bahwa kompak itu bukan berarti harus melakukan yang sama, tapi kekompakan adalah saat kita bisa berbagi dan saling membantu.

Di sana saya belajar bahwa rumah sebenarnya bukan tempat kita merasa nyaman, tapi tempat di mana ada kesusahan namun kita melewati dengan kebahgiaan.

Dan yang paling menakjubkan, bahwa di tengah segala kekurangan, kami bisa menagis saat harus pulang. Senyaman-nyamannya rumah, lebih nyaman lagi saat kita bisa bersama walau dengan segala kekurangan.


"Merindukan saat-saat bersama kalian, sahabat sahabat BEE, Biology Education Eleven 2011!!! Semangat!!! Semakin Menyengat!!!"


Free Download Bocoran Soal Ujian Nasional UN 2012 Tips lulus ujian Nasional Lulus SNMPTN 2012
Download gratis contoh soal ujian nasional 2012

3 Komendang:

MUHAMMAD RIDWAN BALAS MON!!! mengatakan...

di balik kesulitan psti ada pembelajaran dan hikmah.... :)

Insan Robbani BALAS MON!!! mengatakan...

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Afria Kusumaningrum BALAS MON!!! mengatakan...

waaah mamon FKIP biologi rupanya :D aku juga banyak dengar cerita temen yg menharukan karna harus pulang dari sana :')