Rabu, 15 Februari 2012

KETIKA CINTA HARUS BERAKHIR

"dan cinta itu pergi" - Sumber

Anda tidak akan mungkin berhasil
melupakan kepedihan masa lalu,
karena untuk melupakannya
Anda harus mengingatnya lagi.

...Setelah Anda melakukan semua hal
untuk lupa, Anda akan semakin ingat
apa yang ingin Anda lupakan.

Sudahlah...

Hiduplah dalam kenyataan hari ini,
syukurilah pelajaran yang disediakan
oleh kepedihan itu,
dan masukilah masa depan Anda
dengan ceria,
dalam tuntunan kasih sayang Illahi.
(MARIO TEGUH)

Tak setiap hubungan berakhir indah. Berakhir fantastis seperti apa yang kita inginkan. Ada kalanya cinta yang kita maksud ternyata hanya ketertarikan semata dan perlahan-lahan pudar sehingga berakhirlah hubungan yang telah kita bina. Pada tahap kayak gitu biasanya kita terpuruk dalam keadaan yang sangat sulit. Kebanyakan orang memasrahkan diri terpuruk dalam rasa sakit hati yang menjadi-jadi. Akibatnya, semakin diladeni, semakin hancur perasaannya. 
Mamon paham, betapa sulitnya bagi kita untuk melupakan seorang yang udah pernah mengisi hidup kita. Betapa sakitnya kita memori yang terekam terputar kembali saat kita menyendiri sehingga hati bagai berkeping-keping, remuk dan hancur. Mamon mengerti, betapa sedihnya ketika hanya sendiri, kita dilanda rasa sedih, kecewa serta penyesalan. Mamon dapat mendengar hati dan jiwa Paramamon merintih pilu ketika hal itu terjadi. Mamon dapat rasakan, karena Mamon udah pernah ngalamin hal yang demikian. (Wah...wah..wah, ada ya, penulis yang curhat colongan..hahahaha).


Kembali nang leptop!!!! Hehehe....ketauan fans nya tukul...hedeh. di saat-saat seperti itulah kita harus mampu meberontak, dan menepis jauh-jauh segala yang berkait dengan dirinya. Dibutuhkan tekad yang kuat, serta keberanian buat ngelakuinnya. Jadi kamu akan jadi orang yang hebat kalo kamu bisa ngelakuinnya.
Penting Paramamon ketahui, begitu banyak orang yang juga mengalami perasaan yang sama yang sedang kamu rasa. Tokh sebagian besar mereka berhasil lolos dari keterpurukan. Bahkan mereka mampu bangkit dari keterpurukan itu dengan gemilang. KAMU TIDAK SENDIRI!!!, betapa bodohnya kamu jika kamu menyerah dan terus menerus terparangkap dalam kesedihan yang berlarut-larut. Masih banyak hal lain yang harus kamu lakuin, karena kamu bukan hidup hanya untuk dia.
Masih mengutip penuturan dari Pak Mario dalam sebuah status di facebooknya, beliau menulis beberapa tahap dalam mengobati sakit hati :
Pertama, mulailah bersedih dan marahlah. Menangislah!!! Yah...kamu harus bisa menangis. Curahkan semua kesedihan di hati kamu, ekspresikan sehingga kamu puas. Tunjukkan patah hati kamu, tunjukaan rasa sakit kamu. Berteriaklah, sekuat-kuatnya. Menggilalah untuk beberapa saat. Lakukan apa yang sangat ingin kamu lakukan. Kalau perlu kamu mengamuk, lalu dilanjutkan dengan mencucurkan air mata sejadi-jadinya. Jangan pedulikan yang ada di sekitar kamu Jurus ini udah Mamon praktikin dan salalu sukses. Memang tidak langsung menghapus memori namun paling tidak mengurangi. Waktu yang paling baik adalah di malam hari. Saat yang lain udah pada tidur, biar kegilaan kamu gak diketahui siapa-siapa. Hahahaha.
Kedua, Pikirkan sebuah Pembalasan. Hati yang terluka biasanya menuntut sebuah pembalasan dendam. Ini merupakan ekspresi dari  kemarahan dan kekesalan yang menjadi-jadi. Ikuti kehendak hatimu itu. Pikirkan berbagai pembalasan yang mungkin dapat kamu lakukan. Karena dengan memikirkan pembalasan, hatimu mulai menemukan ketenangan. Karena orang yang berpikir membalas biasanya menenangkan hatinya untuk memudahkan diri dalam membalas.
Ketiga, sadarilah bahwa kemarahan dan pembalasan tidak mungkin engkau lakukan. Saat hati mulai tenang maka mulailah berpikir dengan jernih bahwa kemarahan dan pembelasan yang engkau lakukan tidak akan menghasilkan apa-apa. Engkau hanya akan menghabiskan banyak waktu untuk sesuatu yang sia-sia. Sedangkan ia sudah tidak lagi memikirkanmu.  Ia tidak tahu dan tidak peduli akan penderitaanmu.  Ingat bahwa yang melukai kita itu bukan kekasih kita, karena kasih sayang tidak mungkin menyakitkan kita.  Lalu untuk apa lagi engkau habiskan waktu, pikiran dan kewarasanmu untuk memikirkan dia yang tidak lagi memikirkanmu?. Katakan pada hatimu yang damai : ”Aku terlahir untuk banyak orang, lalu kenapa aku habiskan waktuku hanya untuk satu orang yang tidak peduli kepadaku?,”
Orang yang kuat  bukan orang yang tidak dapat terluka, ia adalah orang yang lemah namun menguatkan diri untuk sembuh dari lukanya. Ia pribadi yang kuat yang menjadikan  pelukaan hati sebagai perintah dari Yang Maha Berkehendak untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan bereaksi positif terhadap masukan dan anjuran orang lain.
Cobalah lebih bergembira, perasaan gembira itu mengobati banyak hal. Orang bergembira itu disayangi manusia, padahal sayang-nya manusia itu pertanda sayangnya Tuhan.
Lalu kemudian Pak Mario menutup statusnya ”berfokuslah menjadikan dirimu pandai dan mampu”. Mulailah berfikir bahwa kamu harus jadi orang yang lebih baik yang lebih hebat agar kamu tidak dilukai untuk kesekian kalinya. Jadilah pandai!, pandai memilih yang baik dari semua yang seolah-olah baik. Jadilah mampu! Mampu berpikir secara jernih dalam menentukan pilihan buat masa depan kamu.
Yakinlah, bahwa lukanya hati itu bukanlah cara Tuhan menenggelamkan kita dalam kesia-siaan. Pelukaan hati adalah cara Tuhan untuk menjadikan kita seorang manusia yang berpikir lebih baik untuk memperbaiki diri. Pelukaan hati sebagai sebuah ujian bukan hanya untuk dilewati, tetapi harus lulus. Orang yang lulus tidak akan mengulangi ujian itu untuk kedua kalinya, maka orang yang belajar dari luka hatinya tidak akan terluka dengan cara yang sama karena ia mendapatkan sesuatu dari luka itu. Yakni pelajaran untuk memperbaiki kualitas diri dan pola pikir yang selama ini masih belum baik.
Eh Paramamon!!! Kamu tau gak kalo kenangan cinta yang pahit bisa ngebuat seseorang semakin kuat dan gigih untuk memperoleh cinta yang lebih baik dari sebelumnya karena dia sudah punya cukup bekal dan pengalaman cinta yang pernah ia dapatkan. Pengalaman cinta itu adalah guru terbaik dalam sepanjang sejarah kehidupan. Tapi inget kamu gak boleh  terlena ama kenangan masa lalu, ingat !!! masa lalu gak mungkin lagi akan terulang kembali pada masa berikutnya. Kamu gak boleh  terjebak dalam dalam impian kosong  yang kamu gak pernah tahu akan ada dimana ujungnya. Karena dengan terperangkap pada masa lalu kamu akan mempersulit diri kamu untuk mendapatkan cinta baru yang jauh lebih baik untuk masa depan kamu.
Sebagian besar orang yang berhasil dalam kehidupan adalah orang-orang yang pernah terpuruk namung bangkit dari keterpurukannya karena ia merasa tidak pantas menjadi orang yang terpuruk. Jadi berpikirlah bahwa kita memang tidak pantas memiliki dan mencintai orang yang melukai kita karena ia tidak peduli kepada kita. Kita pantas untuk orang yang lebih baik, maka untuk menguatkan kepantasan itu kita untuk menemukan peribadi yang baik itu.
Di sini Mamon mo ngutip lagi sebuah untaian kata dari Gurunya Mamon, Pak Mario Teguh yang menulis :
Adikku yang merindukan belahan jiwamu, Kualitas yang terpenting bukan pada orang
yang kau harapkan menjadi belahan jiwa, tapi padamu yang akan jatuh cinta kepadanya.
Jika engkau tidak membeningkan hati, menjernihkan pikiran, dan tidak mengindahkan perilakumu; engkau akan mudah jatuh cinta
kepada pribadi yang akan mengecewakanmu.
Belahan jiwamu hanya seindah jiwamu.
Jadi, kalo kamu bosan dengan luka maka cara yang terbaik untuk menghindari luka adalah menjadikan diri pribadi yang memang pantas dicintai. Bukankah di Al Qur’an jelas tertulis bahwa pribadi yang baik untuk pribadi yang baik, makakamu akan mendapatkan kekasih yang memang sangat baik jika kamu juga menjadi orang yang sangat baik. Perbaiki cara-caramu selama ini yang menurut kamu tidak baik. Bukankah orang yang baik dianugerahi akal yang baik untuk memilih pasangan yang baik, pasangan yang tidak akan menyakitimu.
Akhirnya bisa ditarik kesimpulan bahwa salah satu cara untuk memperoleh cinta yang baik adalah tidak terjebak dengan kenangan masa lalu yang menghambat dan mempersulit diri untuk mendapatkan cinta baru dan penuh harapan.
Okey Paramamon, kayakna ampe di sini yach!!! Entar kalo kepanjangan Paramamon malez lagi bacanya. Jadi ya singkat-singkat aja. Yang penting mengena and mudah dicerna.
See you!!! J 

*) Posting ini merupakan salah satu bab dari "ensikLOVEdia" sebuah buku yang sudah lama ditulis

6 Komendang:

Faizal Indra kusuma BALAS MON!!! mengatakan...

Waw... Amazing, amazing ckckck

Herlus Fadhil BALAS MON!!! mengatakan...

wawww tumben mamon romantis :D #plak

Asep Saipul BALAS MON!!! mengatakan...

Wew wew wew Amazing :2thumbup

HEЯRY BALAS MON!!! mengatakan...

cinta memang nggak ada habisnya ya sob :)

Fahrie Sadah BALAS MON!!! mengatakan...

Yahhh, jadi inget deh ^^ tapi kalo mau nangis susah bro, hehe

Syifa Azz BALAS MON!!! mengatakan...

senyum aja deh :)
berhubung aku gag bisa melakukan kiat2 di atas (jerit2, nangis, dll karena di disekitarku selalu banyak orang), jadi aku memutuskan untuk tetap bertahan bersama kenangan itu untuk menciptakan kenangan yang lebih banyak.