Selasa, 07 Februari 2012

ASMARA NUSANTARA

Kali ini saya sedikit menganalisis sebuah lagu, judulnya amsara nusantara. Lagunya Budi Doremi. Berikut ini lirik lagunya :

Waktu itu kamu pakai baju merah
Yang ku tahu aku pakai baju putih
Kita menyusuri kota
Dan cinta kita seperti Indonesia
Walau kini kau ada di Wakatobi
Yang jelas-jelas aku di Raja Ampat
Luasnya lautan memisahkan kita
Oh indahnya bercinta di nusantara
Free Download Asmara Nusantara - Budi Doremi
Kita sepakat
Bila rasa yang sesungguhnya tak mudah didapat
Perlu adanya pengorbanan
Perlu adanya perjuangan, seperti pahlawan

Kita tulis cerita, yang tak kan kita lupa
Bersama dibawah langit senja
Kita nyatakan saja pada mereka lewat sebuah lagu
Asmara kau dan aku
Dibumi yang indah di khatulistiwa


Ini memang sebuah lagu cinta, tapi buat saya ini bukan lagu cinta biasa.  Ini tentang Nusantara. Tentang segala perbedaan di dalamnya yang menyatu erat atas nama cinta.

Kawah putih - di Indonesia ada Cinta (Sumber)



Penggunaan lambang merah dan putih pada warna baju bukan hanya ingin menunjukkan keindonesiaan saja, tapi di sana tersimpan maksud bahwa Cinta itu memerlukan keberanian dan ketulusan (kesucian). Jangan takut untuk jatuh cinta, dan pastikan bahwa cinta yang dapat kita berikan adalah cinta yang suci. Seperti cinta kita kepada Indonesia.

selanjutnya digambarkan tentang jarak yang memisahkan, namun tetap cinta itu terasa indah. Dengan Indonesia yang begitu luas, cinta tetap tak terbatas. Dari sabang sampai merauke tetap punya satu cinta, cinta Indonesia.

Lirik yang paling menarik "Bila rasa yang sesungguhnya tak mudah didapat, Perlu adanya pengorbanan , Perlu adanya perjuangan, seperti pahlawan". Selain dengan gambalang menyatakan bahwa cinta memerlukan pengorbanan, si Budi mengkiaskan perjuangan itu pada para pahlawan. Artinya pata pahlawan memperjuangkan Indonesia atas dasar cinta. maka begitulah kita seharusnya, mencintai dengan berkorban.


Lagu ditutup dengan kalimat Asmara kau dan Aku, di bumi yang indah Khatulistiwa. Benar kawan!!!! Tiada negeri yang paling romantis, Negeri kita Indonesia.

2 Komendang:

MUHAMMAD RIDWAN BALAS MON!!! mengatakan...

hm......
nice...
setuju sekali ....
cinta butuh keberanian dan pengorbanan ....

Syifa Azz BALAS MON!!! mengatakan...

mencintai dengan berkorban :)
satuju pisan lah.