Jumat, 17 Februari 2012

FROM EXIST TO SUCCESS : MIMPI MAMON


INTERNET TO SUCCES

Zaman sekarang Internet udah kayak kacang kulit, hampir bisa di akses di mana aja, kapan aja. Bahkan di Toilet sekalipun. Internet gak Cuma jadi media informasi, tapi juga media hiburan bahkan media ngegalau. Banyak orang yang memulai suksesnya dari internet, for exampel :  Raditya dika, Bena Kribo, dan Poconggg.  Gak hanya itu, Internet juga menghadirkan artis artis instan seperti Sinta Jojo, Bona Paputungan, serta Pak Briptu Chayya Chayya Norman Kamaru (Sekarang udah gak briptu).

SEJARAH GUE DAN INTERNET

Gue sendiri kenal Internet pas kelas 3 SMP. Itupun sebatas kenal gitu gitu doang. Akses Internet harus lewat warnet dan warnetnya cukup jauh dari rumah. Buat gue yang waktu itu belum punya kendaraan sendiri, hampir tidak ada kesempatan untuk mampir ke warnet.
Aku dan Internet - Picture by Yahya Muhaimin


Kelas 1 SMA, gue mulai buat friendster. Itupun gue masih jarang banget akses. Mau akses lewat Hape, hape gue gak bisa Internetan. Gue pikir gue cukup cupu waktu itu. Kelas 2 SMA Gue kenalan ama facebook. Kebetulan bisnis Warnet mulai menjamur, jadi udah ada Warnet yang mudah dijangkau. Kuantitas ngenet pun kian menanjak. Dalam seminggu minimal 1 kali gue  bewisata ke warnet. (Ceile, berwisata mon!!! wkwkwkwk).  Gue gak pernah akses internet  di sekolah. Kenapa? Karena Sekolah gue gak ada akses intenet , Memperihatinkan.

Gue mulai ngeblog bulan Oktober 2009. Waktu itu kebetulan gue baca tentang apa itu blog di sebuah surat kabar, gue tertarik. Akhirnya dengan menangis dan mengemis sama bapak, gue beli buku tutorial buat bikin blog. Dan akhirnya gue mulai ngeblog dengan url http://mimin-titikkoma.blogspot.com
Titikkoma - Bog Gue yang Pertama

Dengan Twitter, gue kenalan sekitar tahun 2010, bulannya gue udah lupa.  Bikin Twitter Cuma bikin doang lho, gue bener bener maen twitter  mulai bulan Juli 2011, makin jelas betapa gapteknya gue hehehehe.

PENGALAMAN GUE DI INTERNET

Gue mulai eksis di internet sejak Juli 2011. Waktu itu udah selesai Ujian Nasional jadi gue punya waktu buat memenuhi hajat internet gue. Hampir tiap hari gue bertapa di warnet. Kenapa gue sebut bertapa?, soalnya kalo udah ke warnet gue gak cukup 1 jam, minimal 3 jam.

Gue jugga udah punya hape yang bisa internetan, jadinya mau makan internetan, mau tidur juga intenetan heheheh.
Berdo'a  Internetan  Sebelum Makan (Picture By : Yahya Muhaimin)


Bahkan sampai sekarang, gue sering tidur bareng hape gue. Padahal bukan muhrim lo ya, wkwkwkw.
Kumpul Kebo sama Pacar Hape - Picture By Yahya Muhaimin

Keeksisan gue di internet tambah meningkat pas gue kenal Cheryybelle . Cherrybelle??? Gak salah tulis???  (Gue tau konsekuensi gue cerita ini, gue pasti di anggapo ababil a.k.a  abang abang labil wkwkwk ). Waktu itu fans cherrybelle masih dikit, follower di twitter aja masih 1800an. Waktu itu personilanya masih enak buat di sapa, jadi gue sering deh tu mentionan ama mereka (emang dasar labil hehehe). Waktu itu fans nya Cherrybelle masih hanya di sebut twibi. Kebayang deh kan masak cowok semacho gue di sebut twibi karena suka ama cherrybelle. Jadi gimana gitu. Lalu dengan meyakinkan gue minta Para Daddy (panggilan buat produser cherrybelle) agar fans cowok gak di sebut twibi, tapi twiboys. Lebih gak kecewean kayaknya, walaupun kesannya Alay bin lebay.
@TwibiBoyz - Fanbase zaman ababil

Beberapa hari kemudian, mulailah gue dengan akun fanbase twiboys dengan username @TwibiBoyz.  Perlahan tapi pasti gue benar benar ngeksis di sana. Dalam waktu 3 bulan gue udah bisa dapat 2000 follower. Di sana gue kenal ama temen temen dari berbagai daerah, dan itu bagi gue sangat berarti. Tiga bulan gue aktif di @Twibiboyz, sekitar bulan oktober gue mulai masuk kuliah dan akhirnya gue memutuskan untuk menyerahkan akun tersebut pada seorang asisten. Sekarang gue Cuma sekali sekali mampir ke sana. FYI: Sejak Juli – Oktober gue megang 4 akun sekaligus : @mimintwize, @1ndoSTAR (akun grup gue), @BudiDUHRAME (Parody Budi Doremi), dan @TwibiBoyz. Dua akun sekarang udah Deactive.

Dalam masa 3 bulan itu juga gue sempet bikin blog khusus buat fanfict Cherrybelle. Blog yang gue kasih judul Chibi’s Diary ini juga cukup diminati. Pernah dalam satu hari, pengunjungnya mencapai 2500 pengunjung. Angka yang menurutgue cukup fantastis untuk sebuah blog yang baru di buat.
Chibi's Diary - http://chibisdiary.blogspot.com
Blog ini sendiri, ini dibuat 31 Desember 2011. 2 bulan yang lalu. Sampai sekarang, gue udah posting 75 kali. Artinya gue postingtiap hari hampir selalu lebih dari 1 kali. Kebayangkan betapa eksisnya gue???.

PENGHUBUNG GUE KE DUNIA MAYA
Untuk koneksi ke dunia maya, seperti yang udah gue ceritain sebelumnya gue ngandalin Warnet di sekitar rumah gue. Selain itu gue juga ngandalin Hape Nokia 2323 Classic. Alhamdulillah sejak bulan oktober kemarin gue bisa beli laptop + modem dengan uang gue sendiri. Dan alhasil, akses gue ke internet jadi lebih mudah. Desember kemarin lagi lagi gue dapat rizki, dan gue bisa beli HP Samsung Galaxy Young, sumpah ini sesuatu banget. Gue makin tambah lengket ama internet. Kalao gue hitung, dalam 24 jam, total gue akses ke internet bisa mencapai 3 jam. Bahkan kalau liburan, gue sering akses internet dari pagi sampai malam. Meninggalkan laptop hanya buat makan, shalat, atau boker.  Itulah kenapa di blog ini gue bisa posting tiap hari. Selain karena emang hampir selalu punya ide baru tentunya.
My Gadget - Picture By Yahya Muhaimin

KENAPA GUE NGEBET EKSIS DI INTERNET???

Jujur gue orang yang kurang bisa bersosialisasi dengan banyak orang, alhasil gue gak punya jaringan. Seringkali gue punya masalah dan bingung mau menghubungi siapa. Nah, dengan internet gue jadi punya jaringan yang lebih luas., dengan internet gue bisa kenal temen temen dari berbagai kota. Gue  bisa saling bertukar pikiran, saling membantu. Di internet gue juga bisa menujukkan skill gue, mulai dari kemampuan gambar yang walaupun gak jago, atau bakat menulis artikel, cerpen dan puisi.

Gue bercita cita buat jadi penulis buku. Untuk menjadi penulis gue harus mulai menulis. Dan Untuk mulai menulis, cara paling mudah menulis adalah memanfaatkan media internet.

Lalu kenapa gue pengen jadi penulis?.
Sekarang gue kuliah di Pendidikan Biologi. Calon guru artinya. Dan kita semua tahu, jadi guru gak menjamin kehidupan yang layak. Mungkin kebutuhan diri dan keluarga akan terpenuhi nantinya, namun gue punya mimpi. Gue punya mimpi yang harus dan wajib gue capai. Tidak boleh tidak.
“Gue pengen buat sekolah gratis tingkat SMA dengan kualitas terbaik”

Di kota gue pontianak, banyak sekolah keren dan favorit. sayangnya kualitas berbanding lurus dengan biaya sekolah. Alhasil, bagi mereka yang kurang mampu. Secerdas apapaun anaknya, mengecap pendidikan berkualitas menjadi mimpi semata. Gue sangat perihatin, karena salah satu dari korban ketidak adilan ini adalah diri gue sendiri.

Lalu kenapa harus tingkat SMA? Alasan pertama : Untuk SMP dan SD udah ada Dana BOS dari pemerintah, artinya sekolah berkualitas pun masih cukup terjangkau. Sedangkan untuk tingkat SMA tidak ada BOS, kalaupun ada bantuan pendidikan dari pemerintah daerah, nominalnya kecil dan tidak cukup untuk tidak menarik biaya sekolah dari siswa.

Untuk itulah gue bercita cita jadi penulis, dimana gue dapat berkerja tanpa mengganggu tugas pokok sebagai seorang guru nantinya.

Seperti yang gue kayakan sebelumnya, Internet membantu gue untuk kenal dengan lebih banyak orang di luar sana. Gue berharap, akan banyak orang yang gue kenal nantinya akan turut serta menjadi donatur bagi sekolah yang gue bangun.
 
Gue harus sukses dengan internet!!!



 *Artikel ini di ikutsertakan dalam "Blog Writing Competition: Eksis dengan Internet" yang diselenggarakan oleh AXIS


Salam Semangat!!!


MAMON

13 Komendang:

Faizal Indra kusuma BALAS MON!!! mengatakan...

Ngiris aku baca ini posti waktu akhir2 moment. Mudah2an cita2mu terkabulkan. Emmm... Anw, kok bisa yah yang aku rasa sekarang dengan internet sama^o^. Td aku blog walking ke blog tetangga, sama juga. Ada apakah ini? Ber.tanya2 jadinya:))

Dara Agusti Maulidya BALAS MON!!! mengatakan...

goodluck buat lombanya :D

Unknown BALAS MON!!! mengatakan...

rupanya akun @TwibiBoyz admin nya dia :D

Fahrie Sadah BALAS MON!!! mengatakan...

Sukses for kontesnya.. ^^

Unknown BALAS MON!!! mengatakan...

aku juga kepengen jadi penulis, makanya ngeblog :D
gudlak buat kita yoo ^^

lia_my BALAS MON!!! mengatakan...

sukses buat lombanya.. :D

Mamon BALAS MON!!! mengatakan...

@Faizal Indra kusuma terimakasih doanya...

Mamon BALAS MON!!! mengatakan...

@Syifa Azz /semoga cita citanya kecapaian juga ya

Mamon BALAS MON!!! mengatakan...

@ugha badawi iya hehehehe

Basith Kuncoro Adji BALAS MON!!! mengatakan...

Waaah asyik bang! Pertama berdoa dulu biar kamu menang lomba, selanjutnya... ternyata kamu ngebet banget eksis yah hihihi xD Aku juga mau jadi penulis :">

Unknown BALAS MON!!! mengatakan...

udah byk bgt ni yang posting buat lomba ini.. moga menang ya.. artikel nya menarik koq.. hahai w jd penasaran ama chibiblognya soalnya yg gue liat blog personil aslinya ngga ada yg bagus.. -___- ngga keurus gitu..

Novi Widya Panca M BALAS MON!!! mengatakan...

wow, orang baik masih banyak ternyata :D
semoga terkabul yak mimpi mulia-nya, semoga menang juga buat lombanya ;)

adul hallud BALAS MON!!! mengatakan...

cita2 n harapan yng mulia, smoga mnjdi pnulis n menggratiskan smu trcapai,,,
salam blogger,