Sabtu, 28 Januari 2012

Tentang "Menggambar"

Jangan pernah menganggap gambar anak kecil itu jelek. Di masa kecil, otak & tangan kita bebas menari tanpa rasa takut jelek atau memaksa bagus. Semakin kita dewasa, semakin kompleks pikiran kita, semakin takut untuk menggambar, takut dibilang jelek.
Gadis Beruang By Yahya "Mamon" Muhaimin

Sebenarnya hilang kemana sih dorongan bermain dan  menggambar masa kecil itu?. dorongan itu hilang saat otak kita dijejali pengetahuan eksakta rumus benar dan salah. Saat SD, SMP, SMA otak kita dijejali rumus-rumus  tanpa asupan gizi kreatif yg seimbang. Akhirnya otak seperti terperogram untuk menilai sesuatu atas dasar benar salah dan bagus jelek. Benar, salah, tegak, lurus, kecil, besar sudah mengkontaminasi otak kita utk berpikir bebas. Kita jadi takut keluar dari rumus. 

Cara paling mudah untuk keluar dari semua itu  adalah mulai untuk menggambar apa saja tiba-tiba terlintas di otak kita. Gambar adalah apa yang kita pikirkan dan bukan apa yang orang lain pikirkan, pendapat orang lain mungkin membangun, namun jangan terlalu diperhatikan. Setiap orang punya gaya berbeda dalam menggambar, karena setiap orang punya tangan yang berbeda. 

Memggambar  bukan buat pamer bagus dan keren. Gambar itu aktivitas kreatif otak yg dibantu tangan. Bukan mesin fotokopi.  

Untuk yang punya adik balita atau malah sudah punya anak balita, tetaplah mensupport untuk terus menggambar. Gambar adalah aktivitas yang mendidik. Janganlah terburu-buru untuk memasukkanya ke sanggar lukis atau sejenisnya. Biarkan mereka berkreasi, menggambar sesuai apa yang mereka inginkan bukan sesuai aturan yang diterapkan. 

Kualitas gambar bukan ditentukan oleh cara menggambar, tapi sejauh mana imajinasi itu tertuang dalam gambar. 

Danyang terakhir, apabila ada anak-anak yang suka mencoret coret dinding, jangan dimarahi. Biarkan mereka berkreasi. Jangan dilarang tapi batasi, bikin rules. Ajari mereka tentang kebebasan & disiplin.


*Tulisan ini merupakan #kultwit dari @pinotski dipadu dengan pemikiran saya sendiri. Untuk yang ingin menyimak #kultwit aslinya silahkan di simak di sini

7 Komendang:

Muhammad Faishal Hafizh a.k.a Hafizhartwork BALAS MON!!! mengatakan...

salam ARTddicted.. :)
terus berkarya ya... :D

Ca Ya BALAS MON!!! mengatakan...

tp gmbar di atas bagus bang :D

Mamon BALAS MON!!! mengatakan...

@Ca Ya terimakasih

Irvina BALAS MON!!! mengatakan...

bagus :D

Ardhito Dharma BALAS MON!!! mengatakan...

Bener. Daya imajinasi anak kecil 10 kali lebih kuat dibanding orang dewasa. Jadi jangan pernah nganggeb remeh anak kecil loh hehe

Menggambar bukan pekara bagus dan jelek, tapi enak dilihat apa nggak :p

Izzatunnisa Galih BALAS MON!!! mengatakan...

gambar anak kecil selalu punya ciri khas tersendiri, bahkan gabisa ditiru org dewasa.
Gambar nggak ada yang jelek, krn setiap gambar sebenernya punya makna masing-masing :)

Santri Kentir BALAS MON!!! mengatakan...

Hmmmm...postingan yang mendidik !!!salam kenal